Sukseskan Program Ekonomi Biru, Semen Padang Bersih-bersih Sampah Plastik

Ida Farida
May 02, 2023

KOSADATA - Dalam rangka menyukseskan program ekonomi biru Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), PT Semen Padang gencar melakukan bersih-bersih sampah plastik.

Melalui program Nabung Sarok (menabung sampah), pihaknya mendukung pelaksanaan program prioritas KKP dalam pembangunan ekonomi biru melalui gerakan partisipasi nelayan atau Bulan Cinta Laut (BCL).

Inisiasi kolaborasi itu, berawal dari sosialisasi program Nabung Sarok yang digagas oleh PT Semen Padang. Program itu sejalan dengan program Bulan Cinta Laut yaitu dukungan untuk mewujudkan kesehatan laut dan pemberdayaan nelayan melalui ekonomi sirkuler.

“Nabung Sarok atau nabuang sarok adalah bentuk pengelolaan sampah yang mampu memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat khususnya masyarakat nelayan,” ungkap Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Victor Gustaaf Manoppo dalam keterangan tertulis, kemarin.

Sementara itu, Direktur Utama PT Semen Padang Asri Mukhtar mengungkapkan PT Semen Padang sangat mendukung program KKP khususnya dalam pengelolaan sampah.

“Program Nabung Sarok PT Semen Padang yang berawal dari program Refuse Derived Fuel (RDF), inisiasi Kementerian PUPR telah mendapat dukungan dari pemerintah daerah. Ini peluang yang sangat baik untuk mendorong perubahan sikap masyarakat dalam memilah sampah,” ungkap Asri.

Asri juga menyebutkan bila program itu berkelanjutan, maka pengelolaan sampah di Sumatra Barat menjadi lebih baik dari segi ekonomi maupun penggunaannya.

Victor juga menjelaskan bahwa Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang akan membantu dalam pelaksanaannya nanti supaya dapat diimplementasikan dengan baik.

Sejalan dengan kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan (KP), Sakti Wahyu Trenggono, KKP terus bersinergi dengan berbagai pihak khususnya dalam pengelolaan ruang laut yang mendukung program ekonomi biru.***

Post a Comment

Comments 0