Survei SMRC: AHY Dongkrak Suara Anies Kalahkan Ganjar

Peri Irawan
Apr 06, 2023

KOSADATA - Studi yang dilakukan Lembaga Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada periode Maret 2023, mengungkap bahwa Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bisa mendongkrak suara calon presiden Anies Baswedan saat dihadapkan dengan Ganjar Pranowo.

Hal ini diungkapkan Pendiri SMRC, Saiful Mujani melalui program 'Mengangkat Anies: AHY atau Khofifah?' yang ditayangkan Youtube SMRC TV.

Menurutnya, saat Anies dipasangkan dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), suara Anies melonjak signifikan dengan 47 persen suara. Sedangkan Ganjar tertahan di 42 persen. Sisanya 11 persen mengaku tidak tahu atau tidak menjawab.

"Anies ini kalau dipasangkan dengan AHY kekuatannya menjadi 47, lumayan ada kenaikannya," ujar Saiful, Kamis (6/4/2023).

Dalam studi itu, katanya, dimunculkan pertanyaan jika pemilihan presiden dilaksanakan sekarang dan yang maju sebagai calon adalah Anies Baswedan berhadapan dengan Ganjar Pranowo, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih sebagai presiden?

Hasilnya, sebanyak 51 persen memilih Ganjar Pranowo. Sedangkan Anies Baswedan mendapatkan 32 persen suara. Sisanya 17 persen menjawab tidak tahu atau tidak menjawab. "Ini signifikan karena sekitar 20 persen perbedaannya," katanya.

Saiful pun membuat simulasi pertanyaan berikutnya, yakni siapa yang bisa membantu Anies untuk mengalahkan Ganjar. Sesuai hasil survei nasional SMRC yang dilakukan pada bulan Maret 2023, suara Anies hanya meningkat 3 persen saat dipasangkan dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Sedangkan Ganjar 47 persen.

Saat Anies dipasangkan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, elektabilitas eks Gubernur DKI


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0