Susun RPJPD 2025-2045, DKI Siapkan Acuan Bagi Calon Gubernur Dalam Wujudkan Jakarta Kota Global

Widihastuti Ayu
Jan 17, 2024

Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono melakukan kick off penyusunan RPJPD 2025-2045. Foto: PPID Jakarta

KOSADATA - Dengan akan berakhirnya Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2005-2025, Pemprov DKI Jakarta melakukan Kick Off Penyusunan RPJPD Tahun 2025-2045. Pada kick off ini, Pemprov DKI Jakarta turut mengundang berbagai pemangku kepentingan (stakeholder) untuk berdiskusi demi kemajuan Jakarta, di Balai Kota Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (17/1/2024).

Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyambut baik kegiatan ini dan mengapresiasi berbagai pihak yang turut hadir, seperti Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian PPN/Bappenas, DPRD DKI Jakarta, BUMD DKI Jakarta, hingga pihak swasta. Ia menyampaikan, Pemprov DKI Jakarta sedang mempersiapkan dokumen RPJPD tersebut untuk mewujudkan Jakarta menjadi kota global yang kompetitif.

"Ini menjadi acuan pembangunan Kota Jakarta 20 tahun ke depan. Khususnya, untuk membawa Jakarta menjadi pusat perdagangan, pusat kegiatan berbagai layanan jasa termasuk layanan jasa keuangan, serta kegiatan bisnis nasional, regional, dan global" ujar Pj. Gubernur Heru.

Pj. Gubernur Heru juga menjelaskan bahwa RPJPD tersebut bersama dengan dokumen Rancangan Peraturan Daerah Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan RUU Daerah Khusus Jakarta akan menjadi pijakan dalam mempersiapkan Kota Jakarta setelah tidak lagi menjadi Ibu Kota Negara.

"Kita berharap ke depan selama dua puluh tahun, dengan adanya RPJPD ini, bisa menjadi panduan bagi kepala daerah di Jakarta untuk menjalankan pemerintahan serta pembangunan. Sehingga, mimpi mewujudkan Jakarta sebagai kota global bisa diupayakan secara bertahap dan terstruktur," tambah Pj. Gubernur Heru.

Perlu diketahui, kick off RPJPD tersebut merupakan starting point dari proses penyusunan dokumen RPJPD Provinsi DKI Jakarta dan menjadi momentum yang sangat penting untuk menginformasikan kepada seluruh stakeholder bahwa proses penyusunan telah dimulai.

Sehingga, proses penyusunan akan mendapatkan dukungan dari


1 2 3

Related Post

Post a Comment

Comments 0