Tak Hanya Kemenkeu, Mahfud MD Siap Bongkar Proyek Pencucian Uang di Lembaga Lain

Abdillah Balfast
Mar 13, 2023

KOSADATA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengaku siap membongkar proyek pencucian uang yang terjadi di lembaga negara selain Kementerian Keuangan (Kemenkeu). 

"Dan saya ingatkan kepada KL (Kementerian/Lembaga) dari sekarang di kementeriannya yang seperti ini tuh banyak," kata Mahfud di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Sabtu (11/3/2023).

"Kalau itu memang ya menteri tidak sanggup menjangkau sampai ke situ. Makanya ada APH, aparat penegak hukum. Nanti kita kerjain ini," sambungnya. 

Mahfud pun mencontohkan proyek pencucian uang yang kerap kali terjadi di kementerian dan lembaga negara. Salah satunya ialah dengan pembuatan perusahaan cangkang yang menjadi tempat penghimpun uang. 

Baca juga: Jajal LRT Jabodebek, Sri Mulyani: APBN Negara Siap Mendukung

"Menurut saya di berbagai institusi hampir tiap proyek ada pencucian uangnya. Seperti gratifikasi kecil-kecilan, tapi disetorkan keluarga, perusahaan, dan anaknya. Menurut ilmu intelijen keuangan itu harus diperiksa," ucapnya. 

"Orang beli proyek, seakan akan gak ada apa apa, tapi dia bikin perusahaan cangkang, Istrinya bikin ini, bikin itu yang gak jelas juga siapa pelanggannya uangnya bertumpuk disitu. Kan kalau itu kalau Menteri gak sanggup menjangkau sampe kesana. Makannya ada APH, aparat penegak hukum," sambungnya.(***)

Related Post

Post a Comment

Comments 0