Terbaik! Pemprov Jakarta Belanjakan Rp14,02 Triliun untuk Produk Lokal

Ida Farida
Jun 12, 2024

Kepala Dinas PPKUKM meninjau produk lokal pada pameran Business Matching di Balai Kota Jakarta. Foto: PPID Jakarta

KOSADATA - Hingga 9 Juni 2024, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah membelanjakan anggaran hingga Rp14,02 triliun untuk produk lokal. Bahkan, dalam dua terakhir Pemprov Jakarta meraih penghargaan terbaik sebagai Provinsi Pengguna Produk Dalam Negeri.

"Berdasarkan pantauan laman Bigbox Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), per 9 Juni 2024, Provinsi DKI Jakarta telah merealisasikan belanja Produk Dalam Negeri (PDN) sebesar Rp 14,02 triliun," ujar Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo dalam keterangannya, Rabu (12/6/2024).

Menurutnya, nilai tersebut merupakan 46% dari komitmen belanja PDN pada rencana umum pengadaan (RUP) yang mencapai Rp30,47 triliun.

Dalam kesempatan itu, pihaknya kembali menggelar acara Business Matching Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Batch ke-13 di Balai Pertemuan Grha Ali Sadikin, Balai Kota Provinsi DKI Jakarta, mulai Senin (10/6/2024) sampai Kamis (13/6/2024).

Business Matching merupakan agenda rutin Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta untuk mempertemukan para pelaku usaha industri yang telah memiliki sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dengan para Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Pengadaan Barang/Jasa (PPBJ) dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), khususnya di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

"Implementasi program P3DN dalam pengadaan barang/jasa di Provinsi DKI Jakarta telah mengharumkan nama Provinsi DKI Jakarta sebagai Provinsi Pengguna Produk Dalam Negeri Terbaik selama dua tahun berturut-turut," katanya.

Asisten Deputi Sumber Daya Manusia Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Hermin Esti Seryowati,


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0