Terungkap! Anies Baswedan Sempat Tolak Pinangan Prabowo jadi Cawapres, Ini Alasannya

Abdillah Balfast
Feb 12, 2023

KOSADATA - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut membongkar kisah di balik Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 lalu. Pasalnya, Anies sempat ditawari oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon wakil presiden (Cawepres). 

"Saya diajak untuk menjadi wakil pasangannya Pak Prabowo, saya sampaikan sudah kepada beliau, Pak Prabowo terima kasih atas undangannya ini sebuah kehormatan," ujar Anies saat menjadi tamu di Podcast Merry Riana, Sabtu (11/2/2023). 

Kendati demikian, kata Anies, saat itu Ia menolak tawaran tersebut. Sebab, Ia tengah berkomitmen dalam membangun kota Jakarta selama full masa jabatan Gubernur, yakni 5 tahun. 

"Tetapi saya punya komitmen, untuk menyelesaikan di Jakarta selama 5 tahun. Jadi, saya rasa itu dan memang kuncinya adalah menyelesaikan janji dengan warga Jakarta karena janji saya dengan warga Jakarta banyak," kata Anies. 

"Saya tanda tangan tuh kontrak-kontrak politik dengan masyarakat miskin kota, dengan Kampung aquarium dengan masyarakat kaki lima itu semua janji-janji yang saya harus tunaikan," sambungnya. 

Sehingga, lanjut Anies, jika Ia memilih menjadi wakil Prabowo di kontestasi Pemilu 2019 lalu. Sama saja dengan Ia mengingkari janjinya terhadap masyarakat kota Jakarta. 

"Apa yang harus sampaikan kepada mereka kalau setelah satu tahun saya pergi? kemudian nanti mereka tidak lagi percaya kepada proses demokrasi karena yang bertanda tangan untuk mengikuti pemilu begitu saja meninggalkan," imbuhnya. 

Terlebih, kata Anies, hal tersebut juga menjawab isu yang beredar mengenai janji Anies yang tak akan menjadi Capres saat Prabowo menjadi Capres. 

"Sesudah itu selesai saya tidak tahu berikutnya apa kan, apalagi tahun 2017 dari mana


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0