Tingkatkan Efisiensi Logistik Nasional, Anak Usaha ASDP Perluas Lintasan LDF

Ida Farida
Jan 16, 2023

KOSADATA - PT Jembatan Nusantara, anak perusahaan PT ASDP Indonesia Ferry, terus memperluas lintasan penyeberangan jarak jauh atau long distance ferry (LDF). Hal ini dilakukan guna mendukung program pemerintah dalam meningkatkan efisiensi angkutan logistik nasional.

​​​​​​​Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, layanan lintas LDF akan mendorong pertumbuhan sektor lainnya seperti industri dan perdagangan, sehingga memberikan dampak berantai (multiplier effect) yang positif khususnya di dua titik penyeberangan, sekaligus secara nasional.

"Saat ini, ASDP melalui anak usaha PT Jembatan Nusantara mengoperasikan dua lintas rute LDF. Pertama, lintas Balikpapan-Pare Pare, yang dilayani dengan Kapal Motor (KM) Madani Nusantara. Lintas ini berjarak 252 mil dengan waktu tempuh selama 23 jam," ujar Shelvy dalam keterangan tertulis yang diterima kosadata.com, Senin (16/1/2023).

Kedua, lanjutnya, Jembatan Nusantara juga meyalani lintas Surabaya-Labuan Bajo dengan menggunakan KM Swarna Bahtera. Jarak yang ditempuh sepanjang 462 mil dengan waktu selama 38 jam. Bahkan dalam waktu dekat, Jembatan Nusantara juga akan mengoperasikan lintas Surabaya-Ende dengan menggunakan KM Mahkota Nusantara. Rute Surabaya-Ende dengan jarak 575 mil ditempuh selama 58 jam.

"Layanan lintas LDF merupakan upaya ASDP untuk ikut mendukung program pemerintah meningkatkan efisiensi angkutan logistik. Pada 2018, biaya logistik Indonesia tercatat mencapai 23,5% dari produk domestik bruto (PDB)," katanya.

Namun, ucapnya, berkat upaya-upaya yang dilakukan pemerintah melalui pembangunan infrastruktur konektivitas, biaya logistik Indonesia saat ini sudah turun menjadi 22% dari PDB. Ke depannya, pemerintah telah menargetkan penurunan biaya logistik hingga 17% dari PDB pada 2024.

"Hadirnya layanan


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0