|

Usai Rakernas III, IKAL Lemhannas DKI Komitmen Bantu Pemerintah Rawat Persatuan

Eka Putri
Jan 22, 2023
0
1 minute

KOSADATA - Sekretaris Ikatan Keluarga Alumni (IKAL) Lemhannas DKI Jakarta, Dadang Solihin menegaskan, pihaknya terus komitmen untuk membantu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menjaga keutuhan bangsa dan merawat persatuan.

Hal ini disampaikan Dadang usai mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke III IKAL Lemhannas yang digelar pada Sabtu (21/1) di Gedung Gadjah Mada Lt. 3 Lemhannas RI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

"Sebagai organisasi yang taat dan patuh terhadap konstitusi negara, maka kita tentu punya kewajiban dalam menjaga keutuhan bangsa serta merawat persatuan. Semangat ini juga akan berlaku sama untuk seluruh kepengurusan di setiap daerah," ujar Dadang saat dihubungi, Minggu (22/1/2023).

"Dalam hal ini, IKAL DKI wajib membantu pemerintah Provinsi DKI Jakarta sesuai dengan amanat Ketua Umum," sambungnya.

Dalam acara Rakernas III IKAL Lemhannas RI dengan mengusung tema 'IKAL Lemhannas sebagai katalisator keutuhan bangsa dalam rangka mewujudkan nasionalisme yang damai dan adil' tersebut, Dadang berharap setiap anggota DKI Jakarta dapat mengejawantahkan semangat katalisator setidaknya dilingkungan tinggal mereka.

"Kita sadar betul bahwa Jakarta merupakan kota besar yang multi kultural dimana sangat beragam baik aspek suku, budaya, agama dan pendidikan. Hal ini yang kemudian menjadi tantangan bagi IKAL DKI untuk tetap berdiri diatas semangat Bhinneka Tunggal Ika dalam konteks Jakarta," sebutnya.

Disinggung soal kepemimpinan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Dadang menyampaikan bahwa sesuai dengan prinsip dan aturan organisasi terkait dengan Ketua Dewan Pembina IKAL DKI adalah Ex Officio Gubernur DKI, maka hubungan IKAL DKI dengan kepemerintahan Heru Budi harus terjalin dengan baik.

"Itu sudah ditegaskan oleh Ketua Umum, Bapak Jenderal Agum Gumelar dimana kami di DKI Diminta untuk membantu mengawal pemerintahan Pak Heru Budi, memberi masukan dan lain-lain. Jadi itu sudah on the track tegak lurus ke Ketua Umum," tegas mantan Deputi Gubernur DKI Bidang Budaya dan Pariwisata ini.

Sejalan dengan pengalamannya pada sektor Budaya dan Pariwisata DKI, Dadang melihat bahwa Jakarta mempunyai potensi pariwisata yang sangat besar. Menurutnya, jika destinasi wisata Jakarta terkelola dengan baik, akan menjadi salah satu sumber kekuatan ekonomi warga Jakarta.

"Sebut saja Ancol. Dilihat dari aspek ketahanan tentu ini mumpuni untuk menguatkan berbagai sektor. Misalnya, wisata edukasi, wisata ekonomi, wisata bahari dan bahkan wisata sejarah. kawasan Ancol kalau dikelola ditangan orang yang tepat, akan jadi destinasi unggulan di Dunia," pungkasnya.

Sebagai Informasi, Rakernas III IKAL Lemhannas secara resmi dibuka oleh Ketua Umum IKAL, Jenderal TNI Purn Agum Gumelar. Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain; Ketua Dewan Kehormatan IKAL, Jend TNI Purn Wiranto, Ketua Dewan Penasehat IKAL, Marsekal TNI Purn Djoko Suyanto dan Ketua Umum Pembina IKAL sekaligus Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto.

Related Post

Post a Comment

Comments 0

Trending Post

Latest News