Wajah Baru TMII, Wisata Budaya yang Modern, Hijau Hingga Ramah Disabilitas

Admin Kosadata
Dec 31, 2022

 

KOSADATA - Direktur Utama PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Edy Setijono menyampaikan, revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dimulai sejak bulan Januari 2022 sudah rampung dikerjakan. Saat ini, pihaknya masih melakukan uji coba terbatas secara bertahap.

"Hasilnya, Wajah Baru TMII berhasil mengusung empat konsep pengelolaan yaitu Inclusive, Green, Smart and Culture. Pada konsep Inclusive, artinya ada keterbukaan ruang di TMII untuk seluruh lapisan masyarakat dan ramah terhadap difabel," ujar Edy kepada wartawan, kemarin.

Menurutnya, pada tanggal 24 Oktober 2022 telah dilakukan serah terima Pengelolaan Hasil Pekerjaan Pembangunan/Renovasi Taman Mini Indonesia Indah oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya kepada Kementerian Sekretariat negara melalui PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) selaku pengelola TMII.

Proyek revitalisasi ini, sambungnya, dilaksanakan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 116 Tahun 2021 dengan melibatkan beberapa stakeholder, di antaranya Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Kementerian BUMN.

"Kedepan untuk menghasilkan ruang publik, TMII mewadahi, agar semakin banyak ruang yang bisa dipakai oleh komunitas. Karena Indonesia memiliki banyak komunitas yang memiliki hobi khusus ya," ujar Edy didampingi Corporate Secretary PT TWC, Emilia Eny Utari.

Hal ini, lanjutnya, dilakukan sebagai bagian komitmen Pemerintah untuk menghadirkan tempat wisata supaya sinkron dan bisa diakses masyarakat agar banyak ruang bisa digunakan.

Kedua, konsep Green, sehingga TMII menerapkannya membuat ruang terbuka. "Yang tadinya 70 persen pembangunan-30 persennya ruang terbuka jadi kita balik, sekarang 70 persennya ruang terbuka dan 30 persen bangunan," terangnya.

Dikatakannya, pohon-pohon


1 2 3

Related Post

Post a Comment

Comments 0