Awal Ramadan Diprediksi Bersamaan dengan Hari Raya Nyepi, Muhammadiyah Bali Imbau Gelar Tarawih Pertama di Rumah

Abdillah Balfast
Mar 11, 2023

KOSADATA - Pimpinan Pusat (PP)Muhammadiyah menetapkan awal 1 Ramadhan 1444H jatuh pada hari Kamis, 23 Maret 2023. Maka tarawih pertama akan digelar pada 22 Maret dimana bertepatan dengan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945. 

Pada Hari Raya Nyepi sendiri umumnya dilaksanakan pemeluk Hindu dengan tidak melakukan berbagai hal berikut seperti; menyalakan api atau lampu, melakukan kegiatan fisik atau bekerja, keluar rumah atau bepergian, dan menikmati hiburan atau rekreasi.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Provinsi Bali, Muhammad Saffaruddin mengimbau agar pelaksanaan tarawih pertama bulan Ramadan agar dapat dilakukan di rumah masing-masing. Serta meminta kepada umat muslim untuk mengatur pelaksanaan ibadah tarawih agar tidak mengganggu pemeluk Hindu yang sedang melaksanakan ritual Nyepi. 

"Kalau jauh jarak rumah dengan tempat ibadah disarankan lebih baik tarawih perdana di rumah saja, tapi bilamana dekat, dan masjid atau musala itu menyelenggarakan salat berjamaah serta dapat izin aparat setempat. Maka tidak jadi masalah, dengan catatan bisa diselenggarakan tanpa ada hal-hal yang bisa bersinggungan (mengganggu Nyepi),"kata Saffaruddin dikutip dalam laman resmi Muhammadiyah, Sabtu (11/3/2023). 

Dia menjelaskan bahwa pada tarawih perdana biasanya (jamaah) membludak. Mereka pun telah bersiap dari 19.30  dan selesainya kurang lebih jam 21.00 WITA.

"Maka saya imbau jika memang rumahnya berjarak jauh dengan tempat ibadah seyogyanya di rumah saja, pun bilamana berdekatan dan kebetulan diadakan shalat berjamaah dan sudah


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0