Cak Imin Ajak Demokrat Gabung Jika AHY Tak Jadi Cawapres Anies, Begini Reaksi Demokrat

Abdillah Balfast
Apr 02, 2023

KOSADATA- Deputi Balitbang Partai Demokrat, Syahrial Nasution angkat bicara soal pernyataan Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar yang menyebut ada peluang PKB mengajak Demokrat bergabung ke dalam Koalisi Indonesia Raya (KIR) apabila Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tak dipilih menjadi Cawapres Anies Baswedan.

"Koalisi Perubahan sedang tidak mempolemikkan apakah Mas AHY dipilih atau tidak sebagai cawapres dari Koalisi Perubahan," kata Syahrial, belum lama ini.

Syahrial menjelaskan bahwa Partai Demokrat, Partai Nasdem dan PKS sudah menandatangani piagam Koalisi Perubahan.  Dimana salah satu butirnya adalah menyerahkan penentuan posisi Cawapres kepada Anies Baswedan, sesuai proses diskusi panjang dan berbagai pertimbangan yang dilakukan melalui tim kecil.

"Jadi, bukan lewat proses yang grasa-grusu apalagi ujug-ujug. Jadi urusan cawapres, sudah selesai di kantong Pak Anies," ujarnya.

Kendati demikian, kata dia, tawaran Cak Imin agar Demokrat bergabung dengan Koalisi PKB dan Gerindra hal yang patut dihormati. Patut dipertimbangkan sebagai bagian wacana perbaikan bangsa ke depan. Akan tetapi, kerangkanya tidak pas apabila ajakan tersebut semata-mata karena pertimbangan pragmatis.

"Karena Partai Demokrat sangat yakin Ketum AHY akan berpasangan dengan Pak Anies sebagai cawapres. Daripada Cak Imin was-was berkoalisi dengan Gerindra, Koalisi Perubahan membuka pintu selebar-lebarnya untuk PKB. Tawarannya sangat konkret, yaitu menuju perubahan dan perbaikan untuk persatuan," pungkasnya.(***)

Related Post

Post a Comment

Comments 0