Elektabilitas Ridwan Kamil Teratas Sebagai Cawapres

Abdillah Balfast
May 04, 2023

KOSADATA - Ridwan Kamil masih menempatkan namanya sebagai tokoh yang paling banyak dipilih sebagai calon wakil Presiden (Cawapres) di 2024 mendatang. Hal ini terpotret dalam temuan survei yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada Bulan April 2023 ini.

"Elektabilitas calon wakil Presiden itu paling tinggi masih dipegang oleh Ridwan Kamil 19,5%," kata Direktur Eksekutif LSI, Dyajadi Hanan dalam paparan hasil surveinya secara daring, Rabu (3/5/2023).

Menyusul di peringkat kedua yakni nama Sandiaga Salahuddin Uno dengan memperoleh elektabilitas sebesar 14,4 persen. Disusul, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebesar 11,6 persen.

Sementara, Erick Thohir berada di peringkat keempat dengan memperoleh elektabilitas sebesar 10,5 persen. Kemudian, Khofifah Indar Parawansa sebesar 6,8 persen. 

Berikutnya, muncul nama Gibran Rakabuming yang memperoleh elektabilitas sebesar 4,9 persen. Dan Mahfud MD menempel di bawahnya dengan perolehan elektabilitas sebesar 4,5 persen.

"Nama-nama lainnya masih rendah," ujarnya.

Untuk diketahui, survei LSI ini dilakukan pada tanggal 12-17 April 2023 dengan metode wawancara tatap muka terhadap responden yang terpilih. Adapun, jumlah responden yang dipilih sebanyak 1.220 responden.

Sementara, margin of error yang diterapkan dalam survei ini ±2,9 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.(***)

Related Post

Post a Comment

Comments 0