|

Inisiatif Tata Kawasan, Heru Budi Beri Penghargaan 17 Kelurahan

Ida Farida
Jan 25, 2023
0
1 minute

KOSADATA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengapresiasi 17 kelurahan yang berinisiatif menata kawasannya menjadi lebih asri dan hijau. Apresiasi dilakukan dengan pemberian piagam penghargaan "Penataan Kawasan Terbaik Tingkat Kelurahan Tahun 2023" kepada para Lurah di Balai Kota, Jakarta Pusat.

Upaya penataan tersebut tengah digencarkan Pemprov DKI Jakarta sebagai upaya penghijauan kawasan dengan memanfaatkan lahan yang tersedia, khususnya aset milik pemerintah. Menurutnya, pemberian penghargaan ini bukanlah akhir dari sebuah upaya, namun merupakan babak baru dalam mempertahankan kinerja dengan merawat penataan kawasan hijau tersebut.

"Ini adalah momen untuk memberikan semangat, contohnya yang di (Kelurahan) Kembangan Selatan, ternyata ada aset milik pemerintah daerah. Kita meminta kawasan tersebut untuk dilakukan perawatan yang intensif, sehingga kembali tertata dengan baik," ujar Heru di Balai Kota Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Dalam penataan kawasan ini, katanya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus bersinergi antarperangkat daerah. Selain itu, setiap perangkat daerah juga didorong berinisiatif dalam melakukan penataan kawasan agar Jakarta lebih Indah.

"Juga harus ada inisiatif (untuk melakukan penataan) tanpa harus diminta. Saya berharap ke depan makin banyak kelurahan yang melakukan penataan melebihi saat ini (17 kelurahan yang mendapatkan penghargaan)," tambahnya.

Dia mengaku akan terus memonitor seluruh wilayah administratif untuk memastikan perawatan kawasan hijau terus dilakukan. Dalam hal ini, Heru menginstruksikan setiap Lurah dan Camat untuk selalu bersinergi agar segala potensi lahan yang bisa dilakukan penghijauan bisa direalisasikan.

"Saya akan keliling melihat bagaimana kita menunjukkan proses perawatan lahan hijau. Selain itu berbagai lahan yang ada (potensi) untuk penghijauan, harus kita kelola agar Jakarta terlihat semakin asri dan hijau," jelasnya.

Di samping itu, Heru meminta masing-masing Suku Dinas (Sudin) Pertamanan dan Hutan Kota (Tamhut) di enam wilayah administratif untuk mencari dua lokasi untuk ditata ulang sebagai kawasan hijau. Sebab kawasan hijau tersebut juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai lahan untuk pemberdayaan ketahanan pangan.

"Saya meminta masing-masing Sudin Tamhut untuk menata dua taman di wilayahnya sebagai bagian dari revitalisasi. Selain kota kita semakin hijau, juga bisa diberdayakan untuk program ketahanan pangan bagi warga Jakarta," pungkasnya.

Perlu diketahui, 17 kelurahan yang meraih apresiasi dalam penataan kawasan tingkat kelurahan untuk Tahun 2023 sebagai berikut:

1. Kelurahan Kampung Bali
2. Kelurahan Pegangsaan
3. Kelurahan Paseban
4. Kelurahan Pademangan Timur
5. Kelurahan Kelapa Gading Timur
6. Kelurahan Rawa Badak Utara
7. Kelurahan Kebon Jeruk
8. Kelurahan Semanan
9. Kelurahan Kembangan Selatan
10. Kelurahan Pesanggrahan
11. Kelurahan Menteng Dalam
12. Kelurahan Srengseng Sawah
13. Kelurahan Jatinegara
14. Kelurahan Duren Sawit
15. Kelurahan Kayu Manis
16. Kelurahan Pulau Pari
17. Kelurahan Pulau Panggang

Related Post

Post a Comment

Comments 0

Trending Post

Latest News