Irak Percayakan Pengeboran Minyak ke Pertamina, Garap Operasi West Qurna 1

Ida Farida
Feb 16, 2023

KOSADATA - PT Pertamina Hulu Energi (PHE) selaku Subholding Upstream melalui PT Pertamina Internasional EP (PIEP) memainkan peranan kunci dalam kerja sama dengan mitra luar negeri, khususnya di bidang Eksplorasi dan Produksi Migas yang beroperasi di 4 (empat) benua dan 12 (dua belas) negara, salah satunya adalah operasi migas di Irak yang mempunyai salah satu cadangan minyak dan gas raksasa di dunia.

PIEP yang juga merupakan Regional Internasional Subholding Upstream Pertamina, melalui anak perusahaan langsung yaitu - PT Pertamina Irak EP telah melakukan pembelian 10% Participating Interest (PI) dari ExxonMobil Iraq Limited’s (EMIL).  Lapangan yang dioperasikan oleh EMIL selaku Lead Contractor berada di bagian Selatan Irak, dekat dengan kota Basra yang berjarak 400 km sebelah tenggara ibukota Baghdad.

Sejak mendapatkan kontrak kerja sama di beberapa negara, PIEP melaksanakan komitmennya sebagai mitra yang memiliki nilai tambah lebih di berbagai aspek operasi dan selalu mengedepankan kolaborasi aktif dengan berbagai mitra di seluruh operasinya. Dalam operasinya di West Qurna 1, PIREP sebagai anak perusahaan langsung PIEP bermitra dengan sangat harmonis dengan EMIL, ITOCHU, Petrochina dan Oil Exploration Company (OEC) Iraq. Hal ini terbukti dengan diselesaikannya pembelian 10% PI di akhir tahun 2022.

Wiko Migantoro, Direktur Utama Pertamina Hulu Energi selaku Subholding Upstream Pertamina, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan yang telah membantu.

“Semua pemangku


1 2
Post a Comment

Comments 0