Lurah Petamburan Bersihkan Taman Jalur Hijau dari Kandang Ayam dan Rongsokan

Bambang Widodo
Apr 26, 2024

Lurah Petamburan menertibkan taman jalur hijau yang dijadiin tempat kandang ayam. Foto: PPID Jakarta

KOSADATA - Lurah Petamburan, Rian Hermanu mengerahkan 30 petugas gabungan dari PPSU, Satpol PP,  Suku Dinas Pertamanan dan Kehutanan (Tamhut) Jakarta Pusat serta didukung aparat TNI dan Kepolisian untuk melakukan penertiban dan pembersihan Taman Jalur Hijau Jati Pinggir, Jalan Petamburan, Kelurahan Petamburan, Tanah Abang.

Penertiban yang dilakukan hari Kamis kemarin itu, dilaksanakan untuk menindaklanjuti aduan warga karena  taman selebar sekitar tiga meter dengan panjang 1.000 meter ini, beberapa titiknya dijadikan lokasi penimbunan barang rongsokan dan kandang ayam.

"Memang ada oknum warga yang memanfaatkan untuk menempatkan barang rongsok dan kandang unggas. Seharusnya tidak boleh," ujar Rian Hermanu kepada wartawan, dikutip Jum'at (26/4/2024).

Ditegaskan Rian, pemanfaatan lahan taman itu melanggar Perda DKI Jakarta nomor 8 tahun 2007 tentang ketertiban umum. Selain mengakibatkan lingkungan jadi kumuh, okupasi lahan yang dilakukan oknum warga juga menggangu fungsi RTH sebagai sarana interaksi sosial publik.

Ke depan, Rian mengaku akan berkordinasi dan meminta jajaran RW setempat untuk mengedukasi warga agar tidak mengokupasi lahan jalur hijau di bantaran Kanal Banjir Barat (KBB) yang bersentuhan dengan RW 01, 03, 04 dan RW 09 Kelurahan Petamburan.

"Mengenai kerusakan fasilitas, kita akan koordinasikan dengan OPD terkait untuk melakukan perbaikan," tegasnya.

Pengurus RW 04 Kelurahan Petamburan, Agus Supandi mengapresiasi aksi penertiban yang diinisiasi pihak kelurahan. Diakuinya, selama ini jajaran pengurus RW telah sering mengimbau dan mengajak warga untuk menjaga kebersihan namun tidak semua mengikuti.

"Pembersihan ini membuat kawasan jadi lebih indah," tandasnya. ***

Post a Comment

Comments 0