PDIP Minta Presiden Pilih Sekda DKI yang Komunikatif

Sani Ichsan
Feb 02, 2023

KOSADATA - Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta mengharapkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bisa memilih sosok Sekretaris Daerah (Sekda) yang mampu menjembatani kepentingan eksekutif dan legislatif. Kriteria sosok Sekda DKI yang komunikatif sangat didambakan untuk membantu kinerja eksekutif dan legislatif.

"Kalau ditanya kriteria pasti komunikatif, karena dia kan CEO nya Pemprov DKI Jakarta, koordinasinya baik dengan semua pemangku kepentingan," ujar Ketua fraksi PDI Perjuangan Gembong Warsono, Kamis (2/1/2023).

Gembong berpendapat, Sekda terpilih nanti harus mempunyai kriteria itu, karena jika tidak komunikatif maka dipastikan kebijakan yang dibuat Pemprov DKI Jakarta tidak akan berdampak kepada warga Ibu Kota.

"Ini soal Public Relation (PR), ketika dia (Sekda) jadi PR yang baik, semua akan berjalan baik. Kuncinya sih itu Sekda itu," ucapnya.

Meski berharap nantinya Sekda yang dipilih Presiden Joko Widodo mampu menjembatani eksekutif dan legislatif, namun pihaknya, kata Gembong tidak sampai meminta agar Presiden memilih salah satu nama yang direkomendasikan fraksi PDI Perjuangan.

"Masa fraksi dikte presiden, kualat nanti. Harapan PDI Perjuangan yang dipilih Presiden adalah orang yang memahami persoalan koordinasi, karena kuncinya dikoordinasi," imbuhnya.

Menurut Gembong, sosok yang paham kondisi Jakarta pun belum tentu dapat dipastikan bakal selaras dan seirama dalam menentukan kebijakan. Maka itu tadi, lanjut Gembong, sosok yang komunikatif sangat diperlukan Pemprov DKI Jakarta untuk membantu kinerja Pj Heru Budi Hartono.

"Dengan koordinasi baik secara otomatis dia pasti akan memahami Jakarta," tuturnya.***

Related Post

Post a Comment

Comments 0