Pemprov DKI Pastikan Distribusi Pasokan Beras ke Pasaran Cukup Jelang Ramadan

Abdillah Balfast
Feb 09, 2023

KOSADATA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) memastikan distribusi pasokan beras ke pasaran cukup menjelang bulan Suci Ramadan tahun 2023 atau 1444 Hijriah. Ia menyebut bahwa stok ketersediaan tidak hanya di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur.

"Stok ketersediaan ini kita bicara tentang beras tentu tidak hanya di pasar induk beras cipinang dan food station, kita juga punya cadangan di bulog tadi disampaikan 40 ribu (ton)," kata Kepala Dinas KPKP DKI, Suharini Eliawati kepada wartawan di Gedung DPRD DKI, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (9/2/2023).

Eli sapaan karibnya membeberkan bahwa kebutuhan beras di DKI Jakarta kurang lebih 82-84 ton. Sementara untuk bulan Suci Ramadan biasanya meningkat mencapai 86-88 ton. 

Ia memastikan ketersediaan beras di Jakarta tercukupi. Sebab awal Maret mendatang akan terjadi panen raya di sejumlah daerah pemasok. Selain itu, Dinas KPKP juga memiliki sistem informasi ketahanan pangan untuk memantau surplus stok beras dari daerah pemasok.

"Untuk data sampai Februari sampai awal Maret pasti akan terjadi panen raya, kami mempunyai sistem informasi ketahanan pangan yang daerah lain sudah mulai menginput, menginput surplusnya daerah Ngawi misalnya berapa yang akan calon masuk ke DKI Jakarta," jelas Eli.

Sebelumnya, Komisi B DPRD Provinsi DKI Jakarta mengingatkan salah satu BUMD pangan yakni PT Food Station Tjipinang Jaya untuk terus menjaga ketersediaan stok kebutuhan pokok khususnya beras jelang Bulan Suci Ramadan 1444 Hijriah.


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0