Perkuat Digitalisasi Ekonomi, BI Jakarta Terapkan Layanan QRIS di Mal Taman Anggrek

Isma Nanik
Mar 03, 2023

KOSADATA - Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jakarta memperluas penggunaan S.I.A.P QRIS  ke mal Taman Anggrek, Jakarta Barat. Hal ini dilakukan untuk mendongkrak digitalisasi ekonomi dan keuangan agar turut mendorong konsumsi domestik.

Kepala BI Jakarta, Arlyana Abubakar menegaskan, penerapan S.I.A.P QRIS itu juga dilakukan untuk memperkuat Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta mengakselerasi inisiatif sistem pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman dan handal dalam bertransaksi.

"Transaksi melalui QRIS dan BI FAST bisa mewujudkan transformasi digitalisasi sistem pembayaran sekaligus mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional," ujar Arlyana Abubakar pada acara Launching Product YUKK Payment Gateway di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat, kemarin.

Menurutnya, program S.I.A.P QRIS di DKI Jakarta telah berhasil mendukung ekspansi akseptansi transaksi digital di DKI Jakarta mencapai 4,5 juta merchant atau 18% dari total pangsa QRIS merchant nasional per 17 Februari 2023.

Lebih lanjut, ungkap Arlyana, kolaborasi perluasan akseptansi QRIS yang telah dilakukan sejak 2021 antara Bank Indonesia dan Kementerian Perdagangan pada program “Pusat Perbelanjaan dan Pasar S.I.A.P QRIS” telah berdampak pada penggunaan QRIS merchant di 11 pasar tradisional dan 5 pusat perbelanjaan di seluruh wilayah DKI Jakarta.

"Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta juga terus berkomitmen memperluas akseptansi transaksi digital melalui pengembangan komunitas di pasar tradisional dan pasar modern, inklusivitas komunikasi kebijakan Bank Indonesia terkait manfaat pemanfaatan QRIS pada transaksi usaha mikro," katanya.

Dalam hal ini, pihaknya mengapresiasi inisiatif PT.


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0