3 Ketum KIB Sepakat Gelar Pertemuan Lanjutan Usai PPP Usung Ganjar, Bahas Nasib Koalisi?

Abdillah Balfast
Apr 28, 2023

KOSADATA - Tiga Ketua Umum Partai Politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersepakat untuk menggelar pertemuan lanjutan. Pertemuan lanjutan ini digelar untuk berunding membicarakan keberlanjutan KIB dalam kontestasi Pilpres 2024.

Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa KIB tentu akan menampung aspirasi dari masing-masing parpol. Diketahui, hanya Golkar dan PPP yang sudah memutuskan Capres yang akan diusung. Sementara, PAN belum memutuskan.

"Nah untuk ke depannya, KIB masih melihat, masih diperlukan pembicaraan-pembicaraan lanjutan," kata Airlangga dalam jumpa pers di kediamannya di Jalan Widya Chandra, Jakarta, Kamis (27/4/2023).

Airlangga juga memastikan bahwa KIB masih solid dan guyub. "kita tadi semua KIB pada malam hari ini terlihat kita solid, guyub dan rukun," kata Airlangga.

Intinya, mengapresiasi hasil keputusan rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) PPP tersebut. Menurutnya, keputusan itu merupakan bagian dari mekanisme yang ada di internal partai berlambang Ka'bah tersebut.

"KIB tidak akan mencampuri urusan internal partai masing-masing, jadi itu klir," ujarnya.

Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan juga menyampaikan bahwa pada saatnya, PAN akan mengumumkan siapa Capres yang akan diusung untuk tampil di Pilpres 2024. Keputusan itu nantinya akan dibawa ke dalam pertemuan lanjutan bersama KIB.

"Masing-masing partai itu akan bisa sama bisa tidak. Jika tidak kita akan berembuk, apakah ada kesepakatan ataukah tidak. Pada akhirnya nanti, masih panjang perjalanannya," ujar Zulhas.

Zulkifli juga menghargai apa yang telah menjadi keputusan dari PPP. Kendati PPP sudah memutuskan,


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0