Andika Perkasa Masuk Radar Kabinet, Ganti Zainudin Amali Jadi Menpora?

Abdillah Balfast
Mar 07, 2023

KOSADATA – Jelang Rabu Pon yang jatuh pada 8 Maret 2023, isu reshuffle atau kocok ulang kabinet kembali mengemuka. Apalagi, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyatakan mundur dari jabatannya.

Terkait isu ini, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menegaskan bahwa reshuffle kabinet merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo, sehingga pihaknya enggan mencampuri urusan soal reshuffle di hari apapun itu.

“Ya saya berulang kali menyatakan itu mau rabu pon, rabu pahing, rabu legi itu juga soal reshuffle adalah hak prerogatif daripada Pak Presiden Jokowi. Sehingga kami tidak dalam ranah mencampuri itu,” kata Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (6/3/2023).

Untuk itu, kata Dasco, pihaknya menyerahkan sepenuhnya pada Presiden Jokowi dan menunggu kapan Jokowi membutuhkan reshuffle dan akan melakukan reshuffle kabinet yang dipimpinnya.

“Kita serahkan kepada pak presiden yang mempunyai hak prerogatif dan kita akan tunggu saja kapan pak presiden membutuhkan reshuffle dia pasti akan atau beliau pasti akan melakukan,” ujarnya.

Adapun nama eks Panglima TNI Jenderal (Purn.) Andika Perkasa yang masuk radar kabinet, Wakil Ketua DPR ini menegaskan bahwa siapapun yang akan dipilih Presiden untuk menduduki posisi tertentu di kabinetnya merupakan hak presiden, dan pihaknya enggak mencampuri urusan tersebut.

“Sehingga kita juga tidak dalam rangka ikut komentari orang per orang atau calon per calon yang akan masuk di dalam kabinet. Itu kita serahkan kepada Pak Presiden,” tegasnya.(***)

Related Post

Post a Comment

Comments 0