Bersihkan Sampah Laut, Kemenko Marves Luncurkan Kapal Mobula 8

Ida Farida
Mar 21, 2023

KOSADATA - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) bersama The SeaCleaners (NGO Prancis) meluncurkan Kapal Mobula 8 untuk membersihkan sampah laut. Hal ini tercermin dalam penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan ruang lingkup kebersihan lingkungan laut oleh kedua pihak.

Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Deputi Keamanan dan Ketahanan Maritim, Helyus Komar mengatakan, kapal Mobula 8 merupakan kapal yang didatangkan dari Prancis ke Indonesia pada 9 Desember 2022 untuk membersihkan sampah di lautan. Kapal itu akan beroperasi di sekitar perairan Bali pada tahun ini.

“Hari ini kita semua berkumpul di sini untuk mendukung komitmen Presiden Republik Indonesia untuk mengurangi sampah plastik laut dan berkomitmen membersihkan daerah pesisir dari sampah laut khususnya di sekitar Teluk Benoa, Bali,” ujar Koma dalam keterangan tertulis, Selasa (21/3/2023).

Menurutnya, Indonesia saat ini memiliki Rencana Aksi Nasional (renaksi) dengan lima prioritas, yaitu gerakan nasional untuk meningkatkan kesadaran pemangku kepentingan, pengelolaan sampah yang bersumber dari darat, penanggulangan sampah di pesisir dan laut, mekanisme pendanaan, kelembagaan, pengawasan dan penegakan hukum, serta penelitian dan pengembangan. Renaksi ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs) dan Indonesia memiliki komitmen yang kuat untuk mencapai agenda SDGs pada 2030.

“Kemenko Marves telah menetapkan Kebijakan Kelautan Indonesia (KKI) yang berfokus pada Pembangunan Berkelanjutan untuk mengarahkan semua lembaga pemerintah menuju satu arah yang terpadu, sehingga dapat mewujudkan visi Poros Maritim Dunia Presiden RI Joko Widodo dan menjadi negara maritim yang kuat,” tuturnya.

Perwakilan Pemerintah Bali memastikan


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0