Erick Thohir Gagal Total Cetak Gol

Bambang Widodo
Mar 31, 2023

Oleh: Hinca IP Pandjaitan
Anggota Komisi III DPR RI

Harapan saya kepada Erick Thohir untuk menjadi Aguero, tampaknya sirna. Kepergian dirinya menyambangi FIFA tidak membuahkan gol. Pupus sudah kesempatan Indonesia Raya berkumandang dalam pagelaran Piala Dunia U-20. Memang benar, merawat harapan tak segampang menanam dan membunuhnya.

Kita sudah membunuh sejarah, dengan sangat kejam. Kesempatan yang mungkin sulit dapat kita ulang dalam beberapa tahun ke depan. Terlebih, negara ini akan mendapatkan label baru sebagai “negara yang pernah gagal”. Malu, pahit.

FIFA secara resmi membatalkan Indonesia sebagai tuan Piala Dunia U-20, dan akan membangun komunikasi dengan Federasi Sepakbola Paraguay serta Argentina untuk menentukan tuan rumah pengganti. Jelas ini adalah kekalahan telak yang memilukan.

Impian garuda muda yang sudah berjuang keras mempersiapkan diri membela merah putih di ajang Piala Dunia kini sudah sirna. Hari ini kita tidak hanya kalah,tetapi juga hampir dapat dipastikan Indonesia tersingkir dari kancah sepakbola dunia. Bukan tidak mungkin, FIFA akan kembali menjatuhkan Sanksi kepada PSSI dalam waktu dekat. Kalau sudah seperti ini siapa yang akan bertanggung jawab?

Ini adalah peristiwa paling buruk dan memalukan bagi Sepakbola Indonesia. Pembatalan ini merupakan buntut dari ketidakmampuan pengurus PSSI untuk meyakinkan FIFA bahwa kita sanggup untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi pentas dunia.

Menurut pengamatan saya, isu penolakan Timnas Israel sejatinya bukan menjadi soal utama dalam kasus ini, melainkan hanya pemicu yang semakin membulatkan keputusan FIFA untuk mencabut status Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20. Alasan utama yang perlu kita kejar bersama adalah bagaimana pengurus PSSI dan juga pemerintah dalam


1 2 3
Post a Comment

Comments 0