Forum Warga Pluit Yakin Plt Gubernur Heru akan Larang Pembongkaran Ruko Kawasan Pasar Muara Karang jika Tahu Lokasinya

Abdillah Balfast
May 24, 2023

KOSADATA - Forum Warga Pluit (FWP) meminta dan mendesak Pemerintah Kota Jakarta Utara (Pemkot) agar menyetop pembongkaran ruko di Kawasan Pasar Muara Karang yang tengah viral sebelumnya. Hal itu diungkapkan Ketua Forum Warga Pluit, Dr. Eddie Kusuma.

"Stop pembongkaran ruko di Kawasan Pasar Muara Karang Pluit, Jakarta Utara," tegas Eddie Kusuma, dalam siaran persnya, Rabu sore, 24 Mei 2023.

Mengapa harus distop? Hal itu, ucap Eddie Kusuma, dikarenakan, beredar isu seolah-olah bangunan liar di kawasan tersebut "memakan" badan jalan.

Tokoh masyarakat Jakarta yang bermukim di Kawasan Pluit, Jakarta Utara itu pun sangat menyesalkan pembongkaran yang dilakukan ratusan petugas satpol PP dan dishub, Rabu pagi, 24 Mei 2023 di kawasan tersebut. "Kami sangat menyesalkan pagi tadi ratusan tenaga satpol PP dan petugas dishub dengan alat berat menggeruduk kawasan itu," ujarnya.

Itu menunjukkan, kata dia, seolah-olah tempat tersebut sangat salah atau melanggar izin. "Sensasi saja. Padahal, tuduhan itu belum tentu benar. Dan saya, jamin tidak ada pelanggaran IMB. Karena, semua ruko di Kawasan Muara Karang memiliki IMB (Izin Mendirikan Bangunan)," tandasnya.

Eddie Kusuma menjelaskan, tidak mungkin, ada ruko tanpa IMB di kawasan tersebut. "Karena, bangunan yang ada di kawasan itu milik PT Jakro (yang sebelumnya bernama Badan Pengelolaan Lingkungan Pluit)," ungkapnya.

Diketahui, PT. Jakpro adalah salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemprov DKI. Kembali ke Eddie Kusuma, jadi, menurutnya, tidak beralasan sama sekali pembongkaran tersebut.

"Saya tahu, ada perbedaan pandangan. Di depan ruko yang berizin legal, ada bangunan kanopi. Itu bukan bangunan rumah ruko. Kanopi itu tempat duduk-duduk tamu-tamu mereka. Sepanjang jalan itu


1 2 3

Related Post

Post a Comment

Comments 0