Gelar Perdana Dunia HAYATI: Cerita Panji Mencari Hakikat Cinta

Dian Riski
May 23, 2023

Dalam Malam Inagurasi Qatar–Indonesia 2023 Year of Culture di Katara Opera House Doha

 

KOSADATA - Cerita Panji, satu dari cerita epos karya sastra kuno Indonesia yang telah mendapat penghargaan warisan tak benda UNESCO dan termasuk dalam Daftar Warisan Ingatan Dunia  UNESCO 2017 menjadi inspirasi pagelaran drama HAYATI: Cerita Panji Mencari Hakikat Cinta, sebuah karya musikal  yang disutradarai oleh Rama Soeprapto.

 

Karya ini akan digelar secara perdana dunia pada tanggal 22 Mei 2023 untuk undangan VIP di Katara Opera House, Doha,  Qatar dan dibuka untuk umum 23-24 Mei 2023 dalam kaitan program tukar budaya Qatar Indonesia 2023 Year of Culture.

 

Terinspirasi dari manuskrip Jawa Kuno mengenai arti dan tujuan hidup; nilai hakiki manusia etika dan moral dari pemikiran Mangkunegara IV yang ditulis dalam serat Wedhatama (1809); nilai nilai agama Islam dan doa dari Sunan Kalijaga serta budaya Jawa, HAYATI menyajikan kisah cinta dan pencarian jati diri antara Panji dan Sekartaji.

 

Tembang dan doa dilantunkan dipadu dengan musik, topeng dan juga tarian tradisional Jawa dengan sentuhan Bali.

 

Pagelaran drama musikal ini dibintangi oleh pelakon terkenal Indonesia Achmad Dipoyono dan Kadek Dewi Aryani sebagai tokoh Panji dan Sekartaji yang  tata busananya didesain khusus oleh desainer batik ternama Era Soekamto. 

 

Pagelaran perdana HAYATI dalam panggung internasional


1 2 3

Related Post

Post a Comment

Comments 0