Inisiasi Seluruh Sekolah di Jakarta Gratis, DPRD: Nanti Nggak Ada KJP Lagi

Ida Farida
Apr 28, 2024

Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta, Iman Satria. Foto: Humas DPRD DKI Jakarta

KOSADATA - Komisi E DPRD DKI Jakarta terus menggodok inisiasi seluruh sekolah di Jakarta gratis, baik sekolah negeri maupun swasta. Hal ini menjadi salah satu topik dalam rapat kerja pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) penggunaan APBD tahun 2023 di Grand Cempaka Resort and Convention, Bogor.

 

"Sekolah gratis ini emang selalu ingin dicetuskan di komisi E dari 2019-2024 supaya tahun periode depan sekolah bisa gratis," ujar Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta, Iman Satria seperti dilansir laman DPRD DKI Jakarta, Minggu (28/4/2024).

 

Selain untuk meningkatkan kualitas pendidikan, sekolah gratis itu diharapkan tidak menimbulkan masalah rutin sekolah setiap tahun. Seperti pendaftaran peserta didik baru hingga tertahannya ijazah siswa di sekolah swasta akibat menunggak biaya bulanan.

 

Jika seluruh sekolah gratis, politisi Partai Gerindra itu meyakini bisa memutus ketimpangan sosial dan tak perlu lagi ada program Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang saat ini penerima manfaatnya belum merata.

 

“Iya semua sekolah gratis. Jadi nanti udah enggak ada KJP lagi. Makanya tadi saya sengaja break rapat ini. Saya bilang supaya mereka kompromi dulu, bukan hanya sebatas lips service, kita mau dengarnya penjelasan kongkretnya,” kata Iman.

 

Mengenai Kebijakan sekolah gratis, harap Iman, Pemprov DKI segera merealisasikan program tersebut agar para siswa dapat merasakan manfaat pendidikan secara merata baik negeri maupun swasta.

 

Harapan utamanya dapat memutus rantai kemiskinan akibat putus sekolah. “Alhamdulillah setelah dilakukan kajian kita akan membuat forum untuk lebih kongkrit lagi masalah ini. Harapannya ini bisa terwujud di periode yang akan datang,” imbuh Iman.***

Related Post

Post a Comment

Comments 0