Jawab Kebutuhan Air Bersih, Dewan Minta PAM Jaya Perluas Reservoir Komunal

Peri Irawan
Jun 16, 2023

KOSADATA - DPRD DKI Jakarta meminta Perumda PAM Jaya untuk memperluas pembangunan Reservoir Komunal di sejumlah daerah di Jakarta. Hal ini diungkapkan Sekretaris Komisi B DPRD DKI Jakarta, Wa Ode Herlina saat peresmian reservoir komunal atau tempat penampungan air bersih berbasis pemukiman warga di RT 02 RW 06 Cengkareng, Jakarta Barat. 

 

Menurutnya, banyak wilayah pemukiman padat penduduk yang belum mendapatkan suplai air bersih perpipaan.

 

“Kami mendorong PAM Jaya supaya makin masif memberikan pelayanan air. Kemudian reservoir itu bagaimana bisa terus bertambah,” ujar Wa Ode dilansir pada laman DPRD DKI Jakarta, Jum'at (16/6/2023). 

 

Reservoir tersebut dibangun untuk mewujudkan dorongan DPRD DKI terhadap Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum (PAM) Jaya memperluas cakupan distribusi air bersih ke seluruh pemukiman warga. 

 

Dia menegaskan, pemenuhan kebutuhan air bersih kepada seluruh masyarakat Jakarta merupakan salah satu upaya untuk menjamin kesehatan masyarakat Jakarta.

 

Menurutnya, Komisi B mendukung penuh target cakupan pelayanan total 100 persen warga Jakarta pada tahun 2030 termasuk perbaikan perpipaan yang sudah tak layak fungsi.

 

Direktur Utama Perumda PAM Jaya Arief Nasrudin menjelaskan, reservoir komunal rencananya akan dibangun di sembilan titik pemukiman warga yang belum mendapatkan suplai air bersih.

 

“Reservoir ini akan dibangun cukup banyak. Kemarin waktu rapat di Komisi B, kita membuka reservoir di wilayah yang memang kesulitan air. Kami pun datang untuk mendeteksi, mengidentifikasi, kampung-kampung yang masih kesulitan air bersih,” ujarnya.

 

Ia menyampaikan saat ini sudah ada 11 wilayah pemukiman yang rencananya akan dilibatkan reservoir. Tiga diantaranya telah diresmikan. Ketiganya yaitu pemukiman di Duri Kepa, pemukiman warga di Rorotan dan ketiga di Duri


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0