Mudah dan Banyak Pilihan, Fasilitas Charging EV PLN Manjakan Pengguna Kendaraan Listrik

Ida Farida
Feb 20, 2023

KOSADATA - PT PLN (Persero) menyediakan infrastruktur pengisian daya untuk kemudahan pengguna kendaraan listrik (EV) di tanah air. Hal itu terlihat dari keragaman pilihan dan kemudahan proses charging EV yang ditampilkan PLN dalam The 30th Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, salah satu hal penting dalam pengembangan ekosistem EV di tanah air adalah kemudahan akses fasilitas pengisian daya kendaraan listrik. Untuk itu PLN terus berkolaborasi memperbanyak pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU), serta ditunjang dengan instalasi home charging.

"Inilah wujud komitmen PLN dalam membangun ekosistem kendaraan listrik. Dengan pilihan fasilitas ini, kami harap masyarakat akan semakin dimudahkan dan nyaman beralih ke kendaraan listrik," ungkap Darmawan.

Darmawan menjelaskan saat ini PLN telah mengoperasikan 597 unit SPKLU dan 70 unit SPBKLU. Ke depan charging EV akan semakin mudah karena semakin banyak SPKLU dan SPBKLU yang dibangun dengan menggandeng mitra bisnis.

"Bisnis modelnya terus kita kembangkan. Melalui berbagai model kerja sama dengan pihak ketiga, dan ini sedang berlangsung. Semoga dalam 1 tahun ini bisnis modelnya ada tiga atau empat model," jelas Darmawan.

Untuk proses charging, Darmawan menambahkan, prosesnya lebih mudah lagi karena dibantu oleh aplikasi PLN Mobile melalui platform Electric Vehicle Digital Services (EVDS). Melalui platform ini pengguna bisa mencari tahu lokasi SPKLU dan SPBKLU terdekat, termasuk juga memantau pengeluaran biaya listrik


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0