Perkuat Kerja Sama dengan Shanghai, Pj Gubernur Heru Dorong Percepatan Pembangunan Jakarta Sebagai Kota Global

Abdillah Balfast
Apr 28, 2023

KOSADATA - Tiga tahun pasca pandemi Covid-19, DKI Jakarta konsisten mempererat hubungan kerja sama kota bersahabat atau sister city dengan Kota Shanghai, Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menerima kunjungan Wali Kota Shanghai Gong Zheng dan jajarannya di Balai Kota pada Kamis (27/4) kemarin.

Adapun kunjungan ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja ke luar negeri yang pertama bagi Wali Kota Shanghai sejak diakhirinya kebijakan Zero Covid-19 oleh RRT dan sejak penandatanganan Nota Kesepahaman kerja sama kota bersahabat antara Jakarta dan Shanghai, yang ditandatangani melalui pos pada 23 Oktober 2020. 

 Pada pertemuan tersebut, Heru dan Wali Kota Gong Zheng membahas rencana peningkatan kerja sama pasca pandemi dalam bidang perdagangan, investasi, kebudayaan, olah raga, dan pariwisata, khususnya pariwisata perkotaan. Selain itu, Pemerintah Kota Shanghai juga berminat untuk melaksanakan pertukaran dan peningkatan kompetensi ASN, program beasiswa untuk pelajar dan mahasiswa, serta mengundang Pemprov DKI dan perusahaan dari Jakarta untuk berpartisipasi dalam China International Import Expo pada 5-10 November 2023 yang akan datang.

 "Kami juga menyampaikan minat untuk mengetahui lebih jauh tentang penataan kota dan pengolahan sampah di Shanghai, serta menyambut baik undangan Shanghai untuk menghadiri China International Import Expo, dengan mendorong partisipasi dari BUMD di DKI Jakarta," kata Heru dalam keterangannya dikutip, Jumat (28/4/2023).

Selain itu, Heru juga mengundang keikutsertaan Shanghai dalam Mayors


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0