Sering ke Ciliwung, Jokowi dan Heru Diyakini Bisa Tangani Banjir Jakarta

Bambang Widodo
Feb 21, 2023

KOSADATA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono kembali mengunjungi proyek penanganan banjir Jakarta di sungai Ciliwung. Dalam sebulan sudah dua kali  memonitor langsung proyek penanggulangan banjir Jakarta di Kali Ciliwung. Pertama, Jokowi mengecek progres sodetan Kali Ciliwung, kemudian memastikan normalisasi Kali Ciliwung.

"Proyek Sodetan Ciliwung dan Normalisasi sungai Ciliwung yang lima tahun dibuat mangkrak oleh Anies Baswedan, bekas gubernur Jakarta sekarang sudah dikerjakan kembali. Target gubernur Jakarta sekarang, Heru Budi Hartono bulan April mendatang sudah selesai dan air dari sungai Ciliwung sudah bisa mengalir lancar ke Kanal Banjir Timur (KBT)," ujar Ketua FAKTA, Azas Tigor Nainggolan dalam keterangan tertulis, Selasa (21/2/2023).

Menurutnya, aliran air dari sungai  Ciliwung  yang bisa mengalir ke KBT maka bisa mengurangi banjir Jakarta akibat dari meluapnya sungai Ciliwung. Menurutnya, program normalisasi sungai Ciliwung yang ditinggal mangkrak oleh bekas gubenur Jakarta, Anies Baswedan, sekarang ini dikebut oleh gubernur Jakarta sekarang Heru Budi Hartono.

"Penyelesaian normalisasi dan sodetan sungai Ciliwung adalah satu paket yang diselesaikan segera oleh gubernur Jakarta Heru Budi. Target penyelesaian segera kedua proyek di sungai Ciliwung itu menjadi salah satu kunci agar Jakarta tidak banjir lagi," katanya.

Presiden Jokowi mengatakan pembebasan lahan akan terus dilanjutkan oleh Kementerian ATR/BPN dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Sehingga nantinya Kementerian PUPR dapat segera masuk pada titik-titik yang sudah dibebaskan untuk memulai konstruksinya.

“Kita harapkan dalam dua tahun hingga akhir 2024 yang 17 km itu insya allah


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0