Survei Membuktikan, Hanya Sedikit yang Menilai Jokowi Merakyat & Orang Baik

Shan Ashani
Dec 12, 2023

Kunjungan Presiden Jokowi ke Pasar Oebobo, NTT, Rabu (6/12). Foto: Dok. Setpres

KOSADATA | Indikator Politik Indonesia dan Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis survei terbaru. Dalam waktu yang berdekatan, kedua lembaga tersebut mempublikasikan hasil survei yang mereka lakukan pada bulan November dan Desember.

Ada banyak isu yang mereka bidik. Satu di antaranya soal kinerja Presiden Jokowi. Mayoritas responden mengaku cukup puas dengan kinerja Jokowi, dan sedikit menjawab sangat puas. Ada juga yang menjawab kurang puas dan tidak puas sama sekali.

Indikator Politik Indonesia memotret, sebanyak 63.3 persen dari 5.380 responden menjawab cukup puas dengan kinerja Jokowi. Adapun yang mengaku sangat puas cuma 12,9 persen, dan yang kurang puas ada 19,4 persen.

Sedangkan menurut LSI, dari 1.426 responden, sebanyak 55,2 persen mengaku cukup puas dan 20,8 persen sangat puas. Sementara yang merasa kurang puas ada 16,8 persen, dan 4,7 persen tidak puas sama sekali.

“Kalau melihat alasan-alasan mengapa masyarakat mengatakan puas, itu alasan paling pokoknya, paling tinggi adalah karena pemerintah atau Presiden memberi bantuan kepada rakyat kecil,” ujar Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, dalam rilis secara daring, dikutip Selasa, 12 Desember 2023.

Selain memberi bantuan kepada rakyat kecil yang memiliki bobot 33,4 persen, alasan lainnya adalah membangun infrastruktur sebanyak 24,9 persen, dan kinerjanya sudah bagus sebesar 18,3 persen.

Ketiga


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0