Tebet Ecopark Besutan Anies Dinobatkan Jadi Taman Kota Terbaik Plakat Adipura

Widihastuti Ayu
Mar 01, 2023

KOSADATA - Tebet Ecopark yang direvitalisasi Gubernur DKI Jakarta 2017-2022, Anies Baswedan berhasil dinobatkan Jadi Taman Kota Terbaik dalam Penganugerahan Penghargaan Adipura.

Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Munjirin menerima langsung Plakat Adipura Kategori Taman Kota Terbaik, yaitu Taman Tebet Eco Park Kota Administrasi Jakarta Selatan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya.

Dalam kesempatan ini, Munjirin juga Piala Adipura, Kategori Kota Metropolitan Kota Administrasi Jakarta Selatan seperti wilayah Kota/Kabupaten lainnya di Jakarta.

Penganugerahan Penghargaan Adipura Tahun 2022, di Auditorium dr Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat. Penghargaan Adipura ini sekaligus memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2023 yang bertemakan "Tuntas Kelola Sampah Untuk Kesejahteraan Masyarakat".

Tebet Ecopark dikelola Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI Jakarta untuk menjadi Ruang Publik atau Ruang Ketiga di Jakarta. Selain ruang publik yang aman, nyaman, dan setara bagi warga, Tebet Ecopark ini bisa diakses gratis untuk menikmati keindahan alam terbuka di tengah kota.

Konsep eco park di taman ini semakin terasa dengan pengaplikasian vegetasi dan tanggul alami, serta teknik soil bio engineering di saluran air yang ada di dalam taman.

Selain membantu meningkatkan kapasitas tampungan air hujan, pendekatan ini juga menyerasikan kembali saluran air dan taman yang dilaluinya sebagai satu kesatuan ekosistem yang alami. Dengan demikian, kualitas air dapat diperbaiki dan keanekaragaman hayati dapat dipulihkan.

Ada 8 (delapan) zona yang disiapkan di Tebet Eco Park. Yaitu sisi Utara terdapat Tebet Eco Park Plaza, Community Lawn, Thematic Garden, dan UMKM. Sedangkan, sisi Selatan terdapat Wetland Boardwalk, Community Garden, Children Playground,


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0