AP II Siap Layani Penerbangan Umrah 1 Juta Jemaah Tahun Ini

Dian Riski
Feb 13, 2023

KOSADATA - AP II gelar pertemuan dengan PPMDC pengelola Terminal Haji Bandara King Abdulaziz Jeddah.

Perjalanan umrah terus meningkat di bandara-bandara PT Angkasa Pura II sejak tahun lalu. 

Dua bandara AP II yang paling banyak melayani perjalanan umrah adalah Bandara Soekarno-Hatta (Banten) dan Bandara Kualanamu (Sumatera Utara). 

Sepanjang 2022, Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Kualanamu secara kumulatif melayani penerbangan sekitar 547.000 jemaah umrah, dengan komposisi sebesar 80% dilayani melalui Bandara Soekarno-Hatta dan 20% di Bandara Kualanamu. 

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan pada tahun ini jumlah jemaah umrah yang berangkat ke Tanah Suci melalui bandara-bandara AP II diperkirakan semakin meningkat. 

“Kami memperkirakan pada 2023, pergerakan jemaah umrah di bandara-bandara AP II mencapai sekitar 1 juta jemaah atau meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan dengan 2022. Bandara yang paling banyak melayani perjalanan umrah masih di Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Kualanamu, di samping juga ada bandara-bandara AP II lainnya yang melayani penerbangan bagi jemaah umrah,” jelas Muhammad Awaluddin. 

Muhammad Awaluddin menuturkan sejalan dengan peningkatan perjalanan umrah sejak 2022, AP II berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi para jemaah.

“Peningkatan perjalanan atau penerbangan umrah harus diikuti dengan peningkatan standar layanan bagi para jemaah. Ini yang tengah kami siapkan, supaya jemaah merasa nyaman dalam beribadah dan menuju Tanah Suci,” ujar Muhammad Awaluddin. 

Salah satu upaya peningkatan layanan adalah AP II melakukan penyeimbangan kapasitas terminal di Bandara Soekarno-Hatta, di mana penerbangan umrah oleh Lion Air Group dilakukan melalui Terminal 2, dan penerbangan oleh maskapai lain melalui Terminal 3. 

Adapun di Bandara Soekarno-Hatta, sebagai alternatif layanan saat ini telah dibuka lounge khusus umrah yang terletak


1 2
Post a Comment

Comments 0