Capaian Kinerja 2023: Perjalanan Indonesia Keluar dari Krisis Global

Dian Riski
Oct 24, 2023

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhammad Iqbal dalam Forum Medan Merdeka Barat 9. Foto dok Kemenkoinfo

KOSADATA - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, menceritakan bahwa perjalanan Indonesia keluar dari krisis ekonomi akibat pandemi ini tidaklah mudah. Seperti banyak negara lainnya, Indonesia harus menghadapi residu yang ditinggalkan oleh pandemi ditambah dengan situasi geopolitik global yang tak menentu.

“Pandemi ini meninggalkan residu yang harus diatasi, sementara kondisi geopolitik global membuat situasi semakin kompleks,” ujarnya dalam dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) terkait ‘Peluncuran Capaian Kinerja 2023’, Selasa (24/10).

Dalam menghadapi tantangan ini, Indonesia telah menggunakan serangkaian strategi jitu yang dipimpin oleh semangat gotong royong dan kepemimpinan yang kuat.

Strategi pertama yang diambil adalah penanganan residu pandemi dengan cermat. Pemerintah melakukan upaya maksimal untuk mengatasi dampak kesehatan dan ekonomi yang ditinggalkan.

Kedua, pemerintah menyalurkan bantuan sosial dengan efisien untuk memastikan tidak ada warga yang kelaparan, dan memberikan dukungan yang sangat dibutuhkan kepada mereka yang terdampak secara ekonomi.

Ketiga, pemerintah menjaga peran dari sektor koperasi, UMKM, dan korporasi dalam pemulihan ekonomi. Pemerintah harus memastikan bahwa tidak ada dari entitas bisnis ini yang gagal karena krisis.

Dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi yang diakibatkan oleh pandemi, ditambah dengan situasi geopolitik yang rumit, pemerintah melakukan relokasi anggaran dengan bijaksana.

“Relokasi anggaran diikuti oleh taktik ‘gas dan rem’. Situasi naik kegiatan direm, longgar speed ditambah,” ucap Moeldoko.

Selanjutnya


1 2 3 4

Related Post

Post a Comment

Comments 0

Trending Post