Desa Wisata Batu layang Masuk 8 Besar Kampung Wisata Terbaik Dunia

Ida Farida
Aug 07, 2023

Desa Wisata Batulayang masuk 8 besar kampung wisata terbaik dunia. Foto: Kemenparekraf

KOSADATA - Desa wisata Batulayang Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor masuk delapan besar nominasi kampung wisata terbaik atau best tourism village tingkat internasional dalam penghargaan UN World Tourism Organization (UNWTO). 

 

Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor, Yogi Tri Tugastiyo mengungkapkan, Desa Wisata Batulayang Kecamatan Cisarua ini berhasil bertengger di delapan besar menjadi perwakilan dari 4.573 desa wisata di Indonesia, juga menjadi satu-satunya desa yang mewakili Provinsi Jawa Barat.

 

"Desa Wisata Batulayang merupakan salah satu desa wisata binaan Pemkab Bogor yang fokus dilakukan sejak tahun 2014 baik dari sisi kelembagaan dan manajemen sehingga sumber daya manusianya terus berlanjut dan berkesinambungan," ujar Yogi dilansir laman resmi Pemprov Jabar, Senin (7/8/2023).

 

Menurutnya, dari 4.573 desa wisata di Indonesia Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI menetapkan 47 desa se-Indonesia dalam penghargaan UN World Tourism Organization (UNWTO).

 

Kemudian dari 47 desa tersebut tim Kemenparekraf kembali memilih dan menetapkan menjadi delapan besar salah satunya Desa Wisata Batulayang untuk mewakili Indonesia pada ajang tersebut.

 

"Masuknya Desa Wisata Batulayang ke delapan besar tingkat dunia ini ada dua syarat penilaian yakni pertama adalah mendapatkan penghargaan Indonesia Nasionalisme Award, kedua adalah memiliki Sertifikat Desa Wisata Berkelanjutan dari Kemenparekraf RI," katanya.

 

Selain memiliki dua kriteria yang ditetapkan Kemenparekraf, lanjutnya, Desa Wisata Batulayang juga juga memiliki keunggulan lain. Yakni, konservasi alam, disitu ada observasi hutan, menanam pohon, merawat pohon dan bagian lainnya melalui pengelolaan sampah di sekitar perbatasan masyarakat serta pemberdayaan masyarakat dan mengangkat produk lokal melalui pelaku UMKM.

 

"Tahapan proses


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0