Gandeng 12 Perguruan Tinggi, Kemenkominfo Ingin Perkuat Pilar Digital Safety

Bambang Widodo
Feb 25, 2023

KOSADATA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI menggandeng 12 perguruan tinggi nasional untuk membangun serta meningkatkan literasi digital masyarakat.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan menyatakan hal itu menjadi bagian dari upaya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, terutama dalam pilar digital safety.

“Indeks literasi kita saat ini sedang, kalau skala 1 sampai 5 berdasarkan survei yang kami lakukan tahun lalu indeksnya 3,54%. Kenaikannya cuman 5 poin dan dari empat pilar yang kita dorong untuk lakukan literasi, yang paling rendah adalah digital safety yang terefleksikan di masyarakat kita,” ujar Semuel dalam keterangan tertulis, Jum'at (24/2/2023).

Dalam acara Kick Off Literasi Digital Sektor Pendidikan – Transformasi Digital di Era 5.0, yang berlangsung di Menara Danareksa, Jakarta Selatan, dia mengungkapkan rendahnya nilai pilar digital safety tercermin salah satunya dari modus penipuan yang marak terjadi di tengah masyarakat.

“Masyarakat kita itu paling mudah ditipu secara online dan penipuan online sangat tinggi di Indonesia, laporan ke kami tahun lalu sudah lebih dari 130 ribu. Maka yang bisa kita lakukan misalnya ketika mengetahui ada penipuan seperti menggunakan akun bank bodong, kita minta bank terkait untuk memblokir agar tidak bisa lagi digunakan, ini yang perlu ditingkatkan,” katanya.

Semuel mengharapkan kerja sama dengan perguruan tinggi diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menggunakan ruang digital yang aman dan produktif.

“Kalau masyarakat bisa membentengi dirinya untuk menghindari berbagai penipuan secara online maka indeks literasi safety kita akan naik, sehingga kita bisa lebih fokus


1 2 3
Post a Comment

Comments 0