Heru Tegaskan Faskes dan Biaya Medis Korban Kebakaran Plumpang Ditanggung Pemprov DKI

Sani Ichsan
Mar 04, 2023

KOSADATA - Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menegaskan, pihaknya sudah menyiapkan fasilitas kesehatan (faskes) dan menanggung biaya pengobatan bagi warga terdampak kebakaran yang terjadi di Depo Pertamina Plumpang, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara pada Jumat malam (3/3).

"Kami sudah mempersiapkan semua rumah sakit. Ada 14 (korban) yang berada di RSUD Koja. RS Pelabuhan Jakarta ada 5 (lima), RS Mulyasari sementara masih 15, lalu ada RSUD Tugu Koja menampung 10 pasien," ujar Heru pada Sabtu (4/3/2023).

"Di RSUD Koja sudah diatasi, seluruh warga terdampak mudah-mudahan kita doakan bisa segera sembuh dan untuk yang kritis semoga bisa melewati masa kritis itu," lanjutnya.

Heru menjelaskan, Pemprov DKI akan melihat kondisi kerugian material yang dialami korban kebakaran.

Selain itu, Pemprov DKI juga mempersiapkan lokasi yang strategis untuk tempat penampungan sementara dan posko bersama, bersinergi dengan Kementerian Sosial hingga jajaran Forkopimda DKI Jakarta. Gerak cepat sinergi ini dilakukan untuk mengatasi dan meminimalisir dampak bagi korban kebakaran.  

"Kapolda dan seluruh jajaran turun membantu, Pangdam juga turun. Saya ucapkan terima kasih atas sinergi yang selalu ada dalam berbagai hal, termasuk dalam musibah kebakaran ini," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Widyastuti menjelaskan kondisi terkini dari warga yang terdampak kebakaran. Ada warga yang sudah diperbolehkan pulang, sebagian dirawat inap di RSUD Koja, dan sebagian dirujuk ke fasilitas kesehatan milik pemerintah pusat  

"Tentu kita lakukan triase prinsip


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0