Kelompok 3 Praktikan PLKJ 34 Cibegol Targetkan Cetak Buku Bersama di Tasikmalaya

Joeang Elkamali
Feb 25, 2023

KOSADATA- Salahsatu tradisi Pesantren satuan Muallimin (setingkat SMA) di Persatuan Islam (Persis) ialah pengabdian dalam bentuk program Pendidikan dan Latihan Khidmat Jam'iyyah (PLKJ). Program tersebut dilakukan sebagai ujian bagi santri kelas XII dengan mengirimkan para praktikannya ke berbagai daerah Persis baik di kota maupun kabupaten yang ada di Jawa barat khususnya dan Indonesia lebih luasnya. 

Tercatat, sejak tanggal 21 Februari-07 Maret 2023, rombongan praktikan PLKJ dari Pesantren Persis 34 Cibegol Bandung tiba di lokasi PLKJ di Pimpinan Daerah Persis Kab. Tasikmalaya. 

Jumlah santri praktikan di angkatan 17 ini ialah 113 santri yang dibagi menjadi 5 kelompok untuk selanjutnya disebar ke 5 cabang Persis di bagian Utara kab. Tasikmalaya yaitu Kadipaten, Ciawi, Sukaresik, Jamanis, dan Rajapolah.

Adapun praktikan di cabang Persis Sukaresik, seperti disampaikan oleh ketua kelompok 3, Muhammad Ja'far Shiddiq, ia dan kelompoknya yang berjumlah 23 santri itu mendapatkan tradisi baru di sektor Literasi. 

"Setelah kami banyak diskusi dengan Pemuda Persis Sukaresik, ternyata gerakannya sangat masif dan aktif di berbagai lini, khususnya literasi." Ujar Ja'far. 

Meski demikian, ia juga melihat kemapanan gerakan Persis di cabang Sukaresik yang terintegrasi dakwahnya, baik di bidang keilmuwan, sosial, ekonomi, pembangunan, maupun politiknya. 

Hal itu juga dibenarkan oleh Anwar Basyari selaku ketua PC. Pemuda Persis Sukaresik. Menurutnya, integrasi diantara seluruh jam'iyyah muda, sepuh, Pesantren dan lembaga dijaga begitu kuat dan sinergis.

"Integrasi yang dimaksudi bukan sekedar diantara fungsionaris struktural antar otonom saja melainkan dalam berbagai


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0