Ribuan Rumah Terendam, Siaga Antisipasi Banjir Lebih Buruk

Ida Farida
Feb 27, 2023

KOSADATA – Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari mengungkapkan, potensi hujan dalam dua hari (27-28 Februari 2023) di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat, masih berpeluang terjadi. Untuk itu, diperlukan peningkatan kesiapsiagaan warga setelah banjir di wilayah itu menggenangi ribuan rumah.

 

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa melaporkan sebanyak 2.456 rumah di dua kecamatan terendam banjir. Selain rumah terdampak banjir, BPBD setempat mencatat beberapa titik tebih juga rusak," ujar Abdul Muhari dalam keterangan tertulis, Senin (27/2/2023).

 

Menurutnya, prakiraan cuaca pada periode tersebut berpeluang hujan dengan intensitas ringan-sedang-petir. Sebelumnya banjir melanda beberapa desa pada dua kecamatan di Kabupaten Sumbawa.

 

"Waktu itu (25/2), banjir berlangsung setelah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sehingga debit air Sungai Lagenti meluap pada pukul 15.00 waktu setempat," katanya.

 

Kedua kecamatan terdampak yaitu Kecamatan Empang dan Tarano. Sebanyak 11 desa terendam banjir, dengan wilayah terdampak tertinggi di Kecamatan Empang. Desa tergenang banjir di kecamatan ini yaitu Desa Empang Atas, Empbang Bawah, Bunga Eja, Ongko, Pemanto, Jotang, Gapit dan Jotang Baru.

 

Sedangkan di wilayah Kecamatan Tarano, desa terdampak yaitu Desa Banda, Bantuanteh dan Labuhan Bontong.

 

"Merespons kejadian ini, BPBD Kabupaten Sumbawa telah menyalurkan bantuan logistik kepada masyarakat. Kesiapsiagaan juga menjadi penekanan petugas BPBD dengan melakukan koordinasi dengan aparat desa dan kecamatan, serta menyampaikan informasi kesiapsiagaan kepada warga," imbuhnya.

 

Dia


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0