Tahun Ini, Pergerakan Pemudik Diperkirakan Capai 123,8 juta Orang

Ida Farida
Apr 13, 2023

KOSADATA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan akan terjadi lonjakan jumlah pemudik imbas tidak adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan tidak adanya lagi pembatasan mudik Lebaran 2023.

Pihaknya memperkirakan potensi pergerakan nasional pada mudik Lebaran 2023 sebanyak 123,8 juta orang (45,8 persen) atau meningkat dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 31,6 persen (85,5 juta orang). Salah satu konsekuensi dari lonjakan jumlah pemudik itu adalah potensi terjadinya penumpukan arus mudik pada satu waktu.

Khusus Jabodetabek, potensi pergerakan pemudik diperkirakan melonjak mencapai 54,31 persen atau sebanyak 18,3 juta orang (pada 2022 sebesar 14,3 juta pemudik).

Oleh karena itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kemenhub, Robby Kurniawan, mengimbau masyarakat yang akan mudik agar memilih waktu dengan bijak untuk menghindari kepadatan volume kendaraan diwaktu yang sama.

Kemenhub juga mengimbau masyarakat tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik dengan alasan keselamatan. Pemudik bisa menggunakan moda transportasi umum dan moda lainnya yang lebih aman atau mengikuti program Mudik Gratis dari Pemerintah dengan menggunakan angkutan umum.

"Kami mengajak semua pihak untuk menyebarluaskan pesan dalam melaksanakan mudik dengan selamat, aman, nyaman, lancar, dan sehat, serta mengajak bersama-sama agar melakukan mudik lebih awal dengan menggunakan transportasi umum massal dibandingkan kendaraan pribadi," ujar Robby Kurniawan dalam keterangan resminya, Kamis (13/4/2023).

Kasubdit Pendanaan dan Pengawasan Angkutan BPTJ Ghoefron Koerniawan memaparkan, kesiapan armada selama masa Angkutan Lebaran 2023 di wilayah Jabodetabek.

Ghoefron mengungkapkan, total kesiapan armada di sembilan Terminal Tipe A wilayah Jabodetabek (Terminal Pulo Gebang; Kampung Rambutan;


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0