Berdampak Baik, Jangan Tunda Lima Amalan Ini

Peri Irawan
Jan 31, 2023

KOSADATA - Wakil Ketua Majlis Tabligh PP Muhammadiyah, Anhar Anshari mengingatkan umat agar tidak menunda lima amalan dalam hidupnya. Sesuai QS. Al Ankabut ayar 57, Allah menegakan bahwa tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Tiap manusia memiliki masanya. Takdir kematian tersebut tidak akan mengenal usia muda atau pun tua, tidak pula mengenal jenis kelamin baik perempuan maupun laki-laki.

"Ada lima amalan yang tidak boleh ditunda-tunda dalam pengerjaannya. Hal ini berdasarkan keterangan dalam hadis yang diriwayatkan Abu Dawud. Pertama, tibanya waktu salat. Sebagai ibadah pokok dalam Islam bahkan disebut-sebut sebagai tiangnya agama, salat tidak boleh ditunda-tunda," ujar Anhar seperti dilansir laman Muhammadiyah, Selasa (31/1/2023).

“Mari kalau sudah tiba waktu salat segera dilaksanakan. Disiplinnya kita dalam menjalankan ibadah salat, salah satu indikator bahwa kita punya koneksitas batin dan spiritual dengan Allah Swt,” ungkap Anhar dalam kajian Masjid Islamic Center.

Kedua, memenuhi hak jenazah. Menurut Anhar, apabila ada jenazah, maka wajib untuk segera dimandikan, disalatkan, lalu dikuburkan. Jenazah memiliki hak untuk diurus, sehingga menjadi kewajiban yang masih hidup untuk mengantarkannya hingga ke gerbang pintu kubur. Perkara ini tidak boleh ditunda-tunda, harus segera dilaksanakan.

Ketiga, menikah. Apabila telah menemukan pasangan yang sekufu, berusia baligh, cukup mapan, dan segala syarat syari telah terpenuhi, maka mesti segera menikah. Penundaan pernikahan memiliki potensi yang kurang baik sehingga harus disegerakan.

Keempat, mendapatkan kesempatan untuk berbuat baik. “Bagi yang mampu kita bisa membantu fakir miskin, anak yatim, orang yang memiliki utang, dan lain-lain. Apabila memiliki kesempatan untuk membantu secara jasa dan pikiran, juga tidak perlu ditunda-tunda. Harus segera ditunaikan,” tegas Anhar.

Kelima, bertobat.


1 2
Post a Comment

Comments 0