Bhagawadgita untuk Arjuna, Daya Gedor Heru Budi Hartono untuk Jakarta

Sani Ichsan
Jan 27, 2023

Oleh: Sani Ichsan

Mantan Sekjen Pimpinan Pusat Hima Persis

KOSADATA - Dalam kisah legenda Mahabharata, ada sebuah peristiwa menarik untuk ditelisik yaitu saat terjadi perang Baratayudha antara Pandawa dan Kurawa di Kurukshetra, negara Hastinapura. 

Sang bintang medan laga yang bernama Arjuna sempat ragu melanjutkan pertempuran karena tidak kuasa hati harus bertempur melawan saudaranya yakni Kurawa, teman-teman dan bahkan guru-gurunya.

Tidak akan menjadi cerita yang heroik dan menarik seandainya saat itu Arjuna memilih untuk menghentikan pertempuran. Mundur dan berbelas kasihan lalu memberikan kesempatan kedua kepada Kurawa untuk menguasai Hastinapura. Pandawa akan tertipu yang kedua kalinya.

Melihat adanya potensi Hastinapura hancur lebur jika dikendalikan Kurawa, maka sang guru sejatinya Arjuna, yaitu Kresna turun gunung menemani Arjuna dengan memegang "pedati perang" yang ditunggangi Arjuna. 

Sri Khresna (Kresna) yang dalam ajaran spiritual adalah personalitas pesan Tuhan Yang Maha Esa kembali membakar semangat Arjuna dengan petuah yang dipatri dalam sebuah pesan bernama Bhagawadgita.

Dalam pesan itu, Kresna mengingatkan bahwa kewajiban Arjuna adalah membunuh siapa saja yang ingin mengalahkan kebajikan dengan kejahatan. 

"Seorang ksatria tidak boleh ragu lalu mundur (karena kasihan terhadap musuh) dari medan laga," begitu bunyi pesan Kresna kepada Arjuna dalam Bhagawadgita.

Bhagawadgita itu pun diyakini sebagai ajaran universal yang diperuntukkan bagi seluruh umat manusia, sepanjang masa. Untuk mengetahui rahasia kehidupan sejati di dunia sehingga dapat terbebaskan dari kesengsaraan dunia dan akhirat.

Cerita perang Baratayudha tersebut, seringkali mengalami kecocokan dengan berbagai peristiwa politik dan cara tata kelola pemerintahan di Indonesia. Pandawa, Kurawa dan campur tangan Kresna.

DKI Jakarta

Sebagai pusat semua lini kehidupan, termasuk pergerakan politik, Provinsi


1 2 3

Related Post

Post a Comment

Comments 0