Event Motor Trail Bikin Muak, Rancang Upas Rusak, Bunga Langka Terinjak-injak

Joeang Elkamali
Mar 08, 2023

KOSADATA - Event motor trail di Ranca Upas, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung membuat kawasan lingkungan nan asri kini rusak parah. Sebuah Rawa yang tumbuh bunga langka, kini menjadi mirip kubangan lumpur babi-babi hutan.

"Touring komunitas motor trail merusak bunga Edelweis Rawa di Ranca Upas. Beli motor trail cuma mau jadi babi hutan main kubangan lumpur dan ngerusak bunga edelweis rawa di Ranca Upas kah??," tulis pengguna twitter @MrBekalicky89, dikutip Rabu (8/3/2023).

Tidak hanya ditwitter, kerusakan Ranca Upas imbas event motor trail itu juga ramai di tiktok. Adalah Mang Umprit, melalui akun @mangumprit_mangprang79 mengunggah video marah-marah karena kerusakan lingkungan. Bunga Rawa yang ditanamnya rusak semua terlindas motor trail.

"Anda tidak cinta lingkungan. Anda pure-nya hanya ke bisnis. Tidak peduli lingkungan. Ini namanya bunga Rawa, tumbuhnya hanya di dua tempat, di Ranca Upas dan Kamojang Garut. Saya sengaja tanam, kini semua rusak," kata Umprit.

Tidak hanya warga, peserta event motor trail juga kecewa atas acara itu. Mereka bahkan membakar hadiah, 2 sepeda motor matic dan 1 motor trail di depan panggung acara.

Menurut Pengelola Ranca Upas, Riki Setiadi, kegiatan tersebut diselenggarakan oleh panitia dari komunitas PMK sama Tramax. Dia menjelaskan, pembakaran hadiah berupa sepeda motor tersebut bermula saat panitia memungut peserta dengan harga Rp 200 ribu per orang. Harga tersebut telah termasuk tiket, makan, dan air mineral.

Setelah itu para peserta langsung mulai berlomba pada Minggu, (5/3/2023) pukul 08.00 WIB. Namun kondisi di jalur track tidak ditemui panitia.

"Ternyata, kan startnya jam 8 pagi, di jalur juga si panitia emang gak


1 2
Post a Comment

Comments 0