Fenomena Supernewmoon, Waspada Banjir Pesisir Hingga 19 Februari

Isma Nanik
Feb 16, 2023

KOSADATA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memperingatkan adanya banjir pesisir atau banjir ROB di bagian Utara Jakarta. Hal itu berpotensi terjadi pada 16-19 Februari 2023 lantaran adanya fenomena super new moon.

"Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut," ujar Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (16/2/2023).

Fenomena Super New Moon atau fase Bulan Baru yang bersamaan dengan Perigee (Jarak terdekat bulan ke bumi) tanggal 20 Februari mendatang, kata Isnawa berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut hingga maksimum.

"Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia, di antaranya Pesisir utara DKI Jakarta," ungkapnya.

Atas hal itu, warga di wilayah pesisir utara Jakarta diminta untuk memantau informasi terkini mengenai gelombang air laut pada lamanbpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut dan informasi resmi lainnya.

"Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center JakartaSiaga 112," tandas Isnawa.***

Related Post

Post a Comment

Comments 0