Gelar F1 Powerboat World Championship, Sandiaga targetkan 25 ribu wisatawan

Bambang Widodo
Feb 14, 2023

KOSADATA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menargetkan lebih dari 25.000 wisatawan untuk Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1 (F1 H2O) 2023 yang akan diselenggarakan pada 24-26 Februari di Danau Toba, Sumatera Utara.

"Jadi kami perkirakan kedatangan 25.000 wisatawan," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di Jakarta, kemarin.

Sandiaga mengatakan jumlah itu diperkirakan akan melebihi jumlah wisatawan dalam dua tahun terakhir.

“Diharapkan jumlah itu akan meningkatkan wisatawan hingga 3,7 persen dalam dua tahun setelah acara. Ini juga akan kami gabungkan dengan Gerakan Wisata Kebanggaan Indonesia,” ujarnya.

Selain itu, kata Sandiaga, penyelenggaraan F1 Powerboat akan menerima 180 juta tayangan media digital.

“Dampak langsung terhadap perekonomian Provinsi Sumut sebesar Rp 212 miliar,” ujarnya.

Seperti diketahui, ajang F1 H20 atau dikenal juga dengan sebutan F1 Powerboat merupakan kejuaraan dunia speedboat dengan kecepatan antara 200 hingga 240 kilometer per jam yang telah diselenggarakan di 39 negara sejak tahun 1984.

Beberapa negara yang pernah menjadi tuan rumah F1 Power Boat antara lain Italia, Prancis, Portugal, Uni Emirat Arab (UEA), Arab Saudi, dan China.

Tahun 2023, Indonesia ditugaskan menjadi tuan rumah seri perdana F1 Power Boat. Danau Toba dipilih sebagai lokasi yang ideal untuk menjadi sirkuit F1 H20 Championship Series.

Selain luas danau yang besar, aspek lain seperti pemandangan alam dan koneksi jalan menuju lokasi sangat mendukung.

Tak hanya itu, Danau Toba juga menjadi salah satu dari lima DPSP (Destinasi Wisata Super Prioritas) yang gencar dikembangkan pemerintah. *** 

Related Post

Post a Comment

Comments 0