|

Gelar HPSN 2023,Pemprov Lakukan Parade Pungut Sampah

Isma Nanik
Feb 19, 2023
0
1 minute

KOSADATA - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengadakan acara Hari Bersih Indonesia - Hari Peduli Sampah Nasional (HBI-HPSN) Tahun 2023 di Thamrin 10, Menteng, Jakarta Pusat Minggu (19/2).  Dalam kegiatan HBI-HPSN 2023, kegiatan yang pertama dilakukan adalah Aksi Bersih Relawan.

Relawan yang telah mendaftarkan diri melakukan Aksi Bersih berupa pungut sampah dengan berkeliling melalui rute Thamrin 10 - Bundaran HI - Terowongan Kendal dan berakhir kembali ke Thamrin 10. 

Dalam Aksi Bersih ini, selain melakukan aksi pungut sampah Relawan juga melakukan Parade Edukasi untuk mengedukasi warga sekitar agar melakukan Kurangi, Pilah, dan Olah sampah (KuPiLa) terhadap sampah mereka sendiri. Di sela parade, kelompok flash mob menampilkan koreografi yang juga turut mengundang massa.

Parade diiringi dengan kelompok musik tanjidor dan ondel-ondel untuk lebih meramaikan kegiatan parade serta peserta parade juga membawa kentongan sebagai simbol ajakan terhadap warga sekitar. 

“Parade ini tentunya akan menarik perhatian  banyak orang sebab lokasi HBKB selalu ramai menjadi lokasi olah raga maupun acara dan kegiatan lainnya,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto, Minggu (18/2/2023).

Kegiatan di lokasi Utama diakhiri dengan agenda talkshow dengan materi Jaga Bumi dengan Inovasi. Asep menjelaskan, materi ini sejalan dengan tema HPSN 2023 dari KLHK yaitu ‘Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat’

“Talkshow semakin meriah dengan penampilan Nugie,” ucap Asep.  Asep menyampaikan, Aksi Bersih juga dilakukan oleh Bidang Pengelolaan Sampah (BPS) RW di wilayah masing-masing. Dalam kegiatan ini, ratusan RW bersama ribuan relawan mengambil bagian dalam aksi bersih ini.

BPS RW juga mendampingi warga untuk melakukan penanaman tanaman di wilayah masing-masing. Bibit tanaman yang ditanam disediakan dari berbagai donor dan berupa bibit buah maupun tanaman obat keluarga. Aksi bersih dan penanaman tanaman juga disertai talkshow bertema ‘Jaga Bumi dengan Inovasi’. 

“Tujuan dari penanaman ini sebagai bentuk penghijauan. Dengan aksi gotong-royong membersihkan lingkungan RW masing-masing, diharapkan dapat menyemangati masyarakat yang lain untuk turut serta menjaga kebersihan lingkungannya,” kata Asep. 

Asep menambahkan, Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) adalah bentuk pengingat akan peristiwa longsor gunungan sampah di TPA Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat pada tahun 21 Februari 2005. 

Sedangkan Hari Bersih Indonesia (HBI) adalah aksi bersih-bersih yang dilaksanakan dalam satu hari serentak di Indonesia dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan masalah limbah plastik dan sampah, serta mendidik warga supaya lebih peduli terhadap lingkungan.

“Dengan diperingatinya HPSN, diharapkan masyarakat lebih peduli akan penanganan dan pengelolaan sampah di lingkungan masing-masing,” tandas Asep. 

Untuk diketahui, peringatan HPSN Jakarta tahun ini mengusung tema Minimalkan Sampah, Maksimalkan Daur Ulang. Sementara, tema besar Hari Peduli Sampah Nasional yaitu Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat.***

Related Post

Post a Comment

Comments 0

Trending Post

Latest News