|

Gibran Peluang Maju di Pilkada DKI, Berhasil Dulu di Solo

Abdillah Balfast
January 21, 2023
0
1 minute

KOSADATA - PDI Perjuangan membuka peluang untuk Gibran Rakabuming Raka untuk diusung maju dalam Pilkada DKI Jakarta pada 2024 mendatang. 

Menanggapi hal ini, Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Daniel Johan mengatakan, Gibran terlebih dahulu harus harus menunjukkan keberhasilannya memimpin kota Solo terlebih dahulu. 

"Tentu Mas Gibran harus, karena sekarang masih wali kota solo ya, tentu harus berbuat terbaik untuk kota Solo, itu dulu fokus. Nanti persoalan untuk maju menjadi DKI atau enggak kan pertama harus jelas kesediaan Mas Gibran," kata Daniel saat ditemui wartawan di kantor PKB, Jakarta, Jumat (20/1/2023).

Kendati demikian, Daniel mengaku, pihaknya sangat terbuka dengan siapapun dalam Pilgub 2024, termasuk kepada Gibran. 

"Sejujurnya belum ada pembahasan langsung tetapi tentu PKB sangat terbuka dengan siapapun termasuk degan mas Gibran," kata Daniel.

Dia menyampaikan PKB hingga kini belum membahas terkait pemilihan kepala daerah (pilkada) karena masih fokus pada pemilihan legislatif (pileg). Namun jika Gibran tertarik, maka dia dapat mampir langsung ke sekretariat PKB.

"Kenapa belum dibahas, karena kan Pileg dulu baru Pilkada. Jadi saat ini kita masih fokus ke Pileg. Ya kalau memang, karena kita PKB terbuka ya mungkin nanti mas Gibran harus mampir-mampir ke PKB," kata dia.

Saat ditanya mengenai kecocokan Gibran di DKI Jakarta atau Jawa Tengah, Daniel hanya meminta agar Gibran fokus untuk menghabiskan masa jabatannya di kota Solo.

"Pertama tentu mas Gibran karena sekarang masih wali kota Solo ya tentu harus berbuat terbaik untuk Kota Solo, Itu dulu fokus. Nanti persoalan untuk maju menjadi DKI  atau enggak kan harus jelas kesediaan mas Gibran,"tuturnya. 

Lebih lanjut, Gibran kata dia tinggal melakukan komunikasi dengan berbagai partai jika ingin maju ke Pilgub 2024. Namun yang paling penting menurutnya adalah harus menunjukkan keberhasilan memimpin kota solo terlebih dahulu. 

"Nah, tinggal bagaimana berkomunikasi dengan partai-partai ya untuk melakukan pengusungan, tetapi yang paling penting Mas Gibran harus menunjukan dia sebagai Wali Kota yang berhasil untuk Solo,"ujar dia. 

Sebelumnya, Sekretaris DPD PDI Perjuangan (PDIP) DKI Jakarta, Gembong Warsono mengaku siap mendukung Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka untuk menjadi kontestan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada Pemilu Serentak 2024 mendatang. Namun, Gembong masih menunggu restu Ketua Umum (Ketum) PDIP, Megawati Soekarnoputri.

"Kalau ya namanya kader harus siap ketika partai memberikan mandat," ujar Gembong kepada wartawan, Jumat (20/1/2023).

Nama Gibran bersama empat kader lainnya masuk dalam radar PDI Perjuangan untuk Pilkada 2024 nanti. Selain Gibran ada nama Menteri Sosial, Tri Rismaharini, Menteri PAN RB Azwar Annas dan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Hendrar Prihadi.

Related Post

Post a Comment

Comments 0

Trending Post

Latest News