Hari Buruh, DKI Kerahkan Ratusan Petugas untuk Bersihkan Pesisir Marunda Kepu

Widihastuti Ayu
May 01, 2024

Ratusan petugas melakukan Grebek Sampah di pesisir pantai Marunda Kepu. Foto: Dinas LH DKI Jakarta

KOSADATA - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta melaksanakan operasi "Grebek Sampah" di Marunda Kepu, Jakarta Utara bertepatan dengan Hari Buruh, Rabu, (1/5/2024). Sebanyak 390 petugas dari Unit Penanganan Sampah Badan Air (UPS BA) dan Sudin LH Kepulauan Seribu, didukung oleh unsur Babinsa, Polairud Polda Metro Jaya, PPSU, hingga mahasiswa, bergotong-royong membersihkan pesisir pantai utara Jakarta itu.

Kepala UPS Badan Air DLH DKI dan juga Plt Kasudin LH Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Dadang Cahya Rusdiana menjelaskan bahwa selain personil, pihaknya juga mengerahkan alat-alat berat untuk mendukung operasi tersebut.

“Armada yang dikerahkan mencakup 1 unit excavator darat, 1 unit excavator amphibi, 20 unit mobil pengangkut sampah, 2 unit truk pengangkut tipe truck, dan 1 unit truk kompaktor,” ujar Dadang dalam keterangannya, Rabu (1/5/2024).

Ia menambahkan, melalui operasi "Grebek Sampah" ini total sampah yang terangkut dari ujung Banjir Kanal Timur tersebut pada hari ini adalah sebanyak 83m³.

“Dalam operasi ini, kendala utama dalam upaya penanganan sampah di Marunda Kepu adalah sampah yang terbawa arus dari Muara Kali Bekasi yang bercampur dengan sedimen lumpur, sehingga menyulitkan proses pembersihan,” kata Dadang.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto, mengatakan operasi tersebut dilaksanakan untuk memastikan agar kawasan pesisir Jakarta tetap bersih.

“Operasi Grebek Sampah ini akan terus berlanjut sesuai dengan situasi dan kondisi di lapangan. DLH DKI terus berkomitmen untuk mengoptimalkan upaya-upaya pembersihan sampah di kawasan pantai utara Jakarta,” kata Asep.

Ia juga turut


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0