Jadi LSP Resmi Bersertifikat, Unpad Perkuat Kompetensi Vokasi dan Non Vokasi

Isma Nanik
Mar 21, 2023

KOSADATA - Universitas Padjadjaran resmi mendapatkan lisensi sebagai Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) RI. Dengan demikian, LSP Unpad telah dapat melaksanakan sertifikasi kompetensi mandiri dan mengeluarkan sertifikat kompetensi untuk mahasiswa.

Kepala BNSP, Kunjung Masehat secara langsung menyerahkan sertifikat itu kepada Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Jawa Barat.

Kunjung mengatakan, di era persaingan saat ini, industri melihat kualitas sumber daya manusia berdasarkan kompetensinya. Kompetensi tersebut dibuktikan melalui sertifikat kompetensi yang dimiliki.

“Kalau kita mau kemana-mana pasti yang dibutuhkan bukti kompetensinya,” ujar Kunjung seperti dilansir laman resmi Unpad, Selasa (21/3/2023).

Hadirnya LSP Unpad yang sudah berlisensi dapat mendorong penguatan kompetensi mahasiswa, bukan hanya mahasiswa vokasi tetapi juga non-vokasi.

Diharapkan, LSP Unpad akan mendorong makin banyak lulusan perguruan tinggi yang besertfikat kompetensi, sehingga industri bisa mendapatkan kandidat yang sesuai kebutuhan.

Kunjung berharap LSP Unpad yang saat ini memiliki 10 skema sertifikasi ke depan dapat ditingkatkan lagi jumlah skemanya. Hal tersebut diperlukan agar Unpad dapat memfasilitasi kebutuhan pengguna, dalam hal ini adalah industri.

“Unpad prodinya ada banyak, sehingga diharapkan setiap prodi itu punya skema kompetensinya,” kata Kunjung.

Sementara itu, Rektor mengapresiasi capaian LSP Unpad yang berhasil terlisensi BNSP. Menurut Rektor, lulusan Unpad tidak hanya memiliki pengetahuan sesuai jenjang kompetensinya, tetapi juga dilengkapi keterampilan yang dibuktikan melalui sertifikasi.

Menanggapi harapan Kepala BNSP, Rektor mendorong semua prodi di fakultas untuk menyiapkan skema kompetensi apa yang bisa diusulkan ke


1 2
Post a Comment

Comments 0