Jakarta Kota Bisnis Global, Heru Budi Dorong Bapenda Cari Sumber Pendapatan Lain

Bambang Widodo
May 17, 2023

KOSADATA - Pejabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta mendorong Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) agar mencari sumber pendapatan lain untuk mewujudkan Jakarta sebagai kota bisnis global.

Hal ini disampaikan Heru Budi saat membuka acara talkshow bertajuk "Transisi Jakarta sebagai Ibu Kota Negara Menjadi Kota Bisnis Berskala Global dalam Menghadapi Resesi Ekonomi" di Jakarta International Equistrian Park Pulomas, Jakarta Timur.

"Ke depan, contoh kecil saja ada kebijakan yang harus kita dukung misalnya kendaraan listrik. Kalau kendaraan listrik itu kan berarti non pajak, artinya apa, berkurangnya pajak kendaraan. kita harus mencari alternatif pendapatan lain bagi Jakarta sehingga pendapatannya minimal tetap seperti ini," ujar Heru di lokasi, Rabu (17/5/2023).

Dalam kesempatan ini, Heru Budi Hartono mengundang seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Hadir sebagai pembicara Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI), Rhenald Kasali.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada prof yang telah memberikan pandangan-pandangan kepada para pejabat DKI, termasuk para Dirut BUMD. Ada 15 tantangan ke depan dan beberpaa poin yang disampaikan pimpinan, tidak cukup dengan karisma, tapi harus komunikatif," katanya.

Menurutnya, banyak hal yang harus disiapkan Jakarta usai tidak lagi menjadi Ibu Kota Negara (IKN) nanti. Bahkan, ucapnya, persiapan itu akan melibatkan banyak pihak termasuk daerah penyangga.

"Banyak yang harus dipersiapkan. contohnya mengambil keputusan tidak hanya di jakarta. mengambil keputusan harus bersama sama dengan pemda lain yg berdekatan dengan DKI, ada Bekasi, Bogor, Depok," katanya.

Dia mencontohkan, salah satu masalah yang harus segera dituntaskan adalah terkait


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0