Lancar, PELNI Tuntaskan Arus Balik Angkutan Mudik Gratis Sepeda Motor 2024

Dian Riski
Apr 16, 2024

KM Dobonsolo tiba di Pelabuhan Tanjung Priok. Foto dok PELNI

KOSADATA - Gelombang kedua arus balik pada Program Mudik Gratis Sepeda Motor 2024 dengan KM Dobonsolo milik PT PELNI (Persero) tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Selasa (16/4). Sebanyak 2.423 peserta dan 1.008 unit sepeda motor mengikuti gelombang terakhir dari program yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan RI keberangkatan dari Semarang.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PELNI Evan Eryanto mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat selama kegiatan mudik maupun arus balik ini.

"Kami mengapresiasi seluruh instansi dan lembaga yang terlibat, baik yang di Jakarta maupun Semarang, khususnya Kementerian Perhubungan RI yang kembali mempercayakan PELNI sebagai operator angkutan mudik gratis sepeda motor," ujar Evan.

Pada tahun ini, Kementerian Perhubungan menugaskan PELNI untuk melakukan empat kali perjalanan pemudik sepeda motor, yang dibagi menjadi dua kali perjalanan pada arus mudik Jakarta - Semarang, dan dua kali perjalanan untuk aruk balik Semarang - Jakarta.

"Total kami mengangkut 9.635 peserta untuk arus mudik dan arus balik, dengan total 4.106 unit sepeda motor. Alhamdulillah jumlah ini menunjukan antusias dan kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan program mudik gratis ini," tambah Evan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, PELNI menggunakan satu kapal penumpangnya, KM Dobonsolo untuk menjalankan penugasan angkutan pemudik sepeda motor. KM Dobonsolo merupakan kapal penumpang tipe 2000 buatan Jerman tahun 1992.

Kapal yang awalnya dapat menampung 2000 orang tersebut kini hanya dapat mengangkut 1000 orang setelah mendapatkan modifikasi atau perombakan di awal tahun 2000 agar


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0